DPRD Jabar Dukung Penuh Situs Gunung Padang Jadi Destinasi Wisata Unggulan Kelas Dunia

Inionline.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat siap mendukung, pembangunan Situs
Megalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Barkah Surachman menyatakan, pihaknya siap menggelontorkan anggaran untuk mendongkrak potensi Situs Gunung Padang menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.

“Seluruh fraksi di DPRD Provinsi Jawa Barat yang hadir saat ini, sepakat bahwa Situs Gunung Padang ini harus terus dibangun dengan maksimal tanpa harus menghitung peraturan-peraturan yang tumpang tindih” ucap Ade kepada wartawan di sela agenda Citra Bakti DPRD Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Kabupaten Cianjur, Kamis (12/12/2019).

Ade menambahkan, terkait adanya peraturan yang tumpang tindih menurut informasi yang didapatinya bahwa saat ini terdapat aturan yang mengharuskan pembangunan Situs Gunung Padang berada di pemerintah pusat, dan ada pula peraturan yang merupakan wewenang kabupaten.

“Kita membuat terobosan bahwa provinsi menyanggupi untuk membangun sampai mana. Tadi ada tantangan dari kawan kita kepada Pemerintah Cianjur butuh berapa dana untuk membuat Situs Gunung Padang ini menjadi ramai” katanya.

Ia menambahkan, kedepan Situs Megalitikum Gunung Padang akan menjadi destinasi unggulan karena didukung dengan insfrastrukur dan aksesibilitas yang mumpuni.

“Nanti kan ada akses tol Sukabumi – Bandung, kemudian kereta Sukabumi – Cianjur – Bandung, Jalur Puncak 2 yang akan mendukung aksesbilitas pariwasata di Cianjur akan semakin ramai” ujarnya.

Ia pun optimis, setelah Situs Gunung Padang menjadi destinasi unggulan akan mengangkat wisata-wisata penunjang lainnya. “Kita mau tidak mau harus memacu bahwa Gunung Padang menjadi induk pariwisata baru di Cianjur, karena ketika Situs Gunung Padang diminati banyak wisatawan maka akan wisata-wisata penunjang yang lainnya”katanya.

Lebih lanjut Ade menyebut, Pemdaprov Jabar tahun ini telah menggelontorkan anggaran untuk pembebasan 11 hektare lahan di Situs Gunung Padang. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada stakeholder terkait untuk segera mempersiapkan DED yang terbaik sebagai upaya mempersiapkan Situs Gunung Padang sebagai destinasi wisata unggulan.

“Kalau bisa jangan setengah-setengah (DED), kita siapkan dananya” pungkasnya.

Citra Bakti merupakan agenda tahunan DPRD Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap program-program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selain melakukan pengawasan terhadap program, dalam Citra Bakti pun dilakukan penyerapan aspirasi secara kelembagaan Pemerintah Kabupatren/Kota untuk selanjutkan dilaporkan serta diusulkan kepada Pemerintah Provinsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *