Sampah Jadi Masalah, Komisi IV DPRD Jabar Desak Gubernur Segera Buka TPPAS Nambo

Headline, Politik157 views

Depok, Inionline.Id – Peliknya masalah sampah di kota dan kabupaten yang padat seperti Depok dan Bogor tentunya mengundang banyak pihak untuk menemukan solusinya. Terkait hal ini Komisi IV DPRD provinsi Jawa Barat menggelar hearing pembahasan masalah Tempat Pengolahan dan Pembuangan Akhir Sampah (TPPAS) Region Lulut Nambo di Kota Depok, pada jum’at (08/11/19).
Acara yang di hadiri juga oleh Komisi C DPRD Kota Depok, Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok, Dinas Pemukiman dan Perumahan Kota Depok, serta Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna berjalan cukup menarik.
Beberapa waktu yang lalu Bupati Bogor, Ade Yasin sempat menyatakan bahwa tahun ini TPPAS Nambo yang berada di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor belum siap digunakan. Bupati Bogor pun menyatakan Peraturan Bupati (Perbub) nya juga belum siap, padahal Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebelumnya memastikan Pemkot Depok sudah boleh membuang sampah ke TPPAS Lulut Nambo pada Oktober kemarin.
Menanggapi hal ini, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, M Ichsan menegaskan bahwa Dengan adanya TPPAS Region Lulut Nambo yang dikelola oleh pemprov Jabar manjadi solusi beurainya tumpukan sampah di cipayung. TPPAS ini dipastikan dapat menampung sampah dari ko-kab Bogor dan kota Depok.
“Permasalahan di kota Depok adalah penanganan pembuangan sampah akhir yang dikelola Pemkot Depok yang berlokasi di Cipayung yang sudah overload. Ada kurang lebih 400 kelompok pegiat bank sampah yang mana setiap kelompok terdiri dari 12 orang. Aspirasi mereka menginginkan adanya jaminan kesehatan, kelengkapan alat sampah juga upah bagi anggota pegiat bank sampah,” ujar Ichsan yang menangkap aspirasi masyarakat malam itu.
Ichsan juga menegaskan dengan kondisi-kondisi yang sudah dicatat oleh Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ini, maka dipastikan komisi IV DPRD prov Jabar akan mendorong Gubernur Ridwan Kamil untuk menyegerakan agar TPPAS Lulut Nambo segera beroperasi.
Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, Iyay Gumilar mengatakan, secara kesiapan, Pemerintah Kota Depok sudah sangat siap dan menunggu bisa dapat membuang sampah ke sana. “Infonya memang saya dapat bulan Oktober, tapi belum ada pernyataan resmi ke kami, kami masih nunggu baik dari Bogor sebagai tuan rumah dan Provinsi Jawa Barat,” kata Iyay. (JC) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *