Karhutla Jawa Timur Telah Berhasil Dipadamkan

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengklaim, seluruh titik kebakaran hutan di wilayahnya telah bisa dipadamkan. Beberapa wilayah di Jatim sebelumnya memang dilanda kebakaran hutan. Kebakaran hutan terjadi di Gunung Arjuno, Gunung Welurang, Gunung Semeru, Gunung Raung, dan beberapa wilayah lainnya.

“Sejauh ini rata-rata titik-titik ini bisa dipadamkan. Sempat kemarin kan pakai water bomb di Arjuna ya, dan sebagainya,”bujar Emil ditemui di Kampus C, Universitas Airlangga, Surabaya, Selasa (8/10).

Emil melanjutkan, kebakaran hutan di Jawa Timur tidak separah dengan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Karena di hutan-hutan di Jatim tidak terdapat gambut. Sehingga kebakaran hutan lebih mudah dipadamkan. Maka dari itu, concern utama Pemprov Jatim tidak pada pemadamannya, melainkan menjaga flora dan faunanya.

“Yang jadi concern bukan pemadamannya tapi pohon itu emang, dari kebakar. Ini yang kita ingin lakukan yaitu upaya preventif,” ujar Emil.

Emil melanjutkan, yang menjadi fokus perhatian terkait kebakaran hutan di Jatim juga karena wilayah yang terbakar merupakan daerah wisata. Maka dari itu, tindakan preventif menurutnya lebih mendesak dilakukan. Seperti membekali para pendaki agar tidak lalai, sehingga kebakaran-kebakaran hutan di Jatim bisa dihindari.

“Karena penyebab utamanya adalah karena kelalaian manusia. Karhutla di Jatim ini banyak tejadi di wilayah-wilayah pariwisata kita. Seperti Gunung Penanjakan, Arhuno, Ranukumbolo (Semeru). Kita imbau pendaki untuk tidak melakukan hal-hal berpotensi menyebabkan kebakaran,” ujar Emil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *