5 Spot Keindahan Danau Toba

Inionline.id – Indonesia punya beragam keindahan alam luar biasa yang tidak dimiliki negara-negara lain. Salah satunya adalah Danau Toba.

Danau yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara itu luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi. Inilah danau terluas se-Asia Tenggara dan bahkan luasnya lebih besar dari negara Singapura (716 kilometer persegi). Danau Toba juga tercatat sebagai danau terluas di dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, dan masuk daftar Guinness World Records.

Latar belakang Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang memuntahkan 2.800 km kubik material letusan, sehingga membuat kawah yang lambat laun dipenuhi air menjadi danau. Di tengah Danau Toba terdapat pulau bernama Samosir. Pulau tersebut memiliki beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun.

Pulau Samosir dan Danau Toba adalah jantung dan kampung halaman dari Suku Batak. Anda juga bisa merasakan keramahan penduduk desa setempat sekaligus mengetahui kebudayaan mereka.

Jika kebetulan berwisata ke Danau Toba, Anda bisa mengelilingi Desa Tuktuk Siadong-Adong, berkunjung ke situs-situs bersejarah (Makam Raja Sidabutar), melihat masyarakat lokal menanam padi, dan melihat rumah-rumah penduduk dengan Gorga Batak.

Berikut lima tempat yang wajib Anda lakukan selama berada di sana.

1. Mengelilingi pulau Samosir

Mengelilingi pulau Samosir Anda akan melihat pemandangan beragam, mulai dari gereja tua, julangan gunung yang berpadu dengan air danau, hingga keseharian penduduk lokal.

2. Perkampungan adat Batak

Perkampungan adat Batak tak kalah menariknya. Melihat berbagai macam rumah khas Sumatera Utara tepatnya di dekat Ambarita bisa menjadi destinasi wisata.

Di sini bisa ditemukan benda-benda bermaterial batu yang tak lapuk dimakan usia. Tempat ini juga banyak kisah sejarah kuno yang sarat akan kanibalisme. 

3. Makam Raja Sidabutar

Berada di sebelah tenggara desa Tuk Tuk, Anda akan temukan makam batu yang terlihat kuno dan epik. Situs tersebut memang tak terlalu besar, namun punya magnet yang sanggup menarik setiap pelancong.

Sebelum sampai di makam Raja Sidabutar, Anda akan menemukan jajaran kios yang menjual pernak-pernik dengan corak khas Sumatera Utara.

4. Danau di dalam danau

Tak jauh dari desa Tuk Tuk, Anda juga bisa temukan Danau Sidihoni. Satu fenomena langka di mana terdapat danau di dalam danau.

Anda harus punya keberanian untuk mencapai kawasan ini karena jalur yang dilalui begitu menantang. Banyak turis tersesat saat ingin mendatangi tempat ini, tapi Anda tak usah khawatir, penduduk setempat akan menunjukkan jalan bila Anda tersesat.  

5. Mengunjungi tempat air panas

Mandi air panas lokasinya memang berada di sisi pulau yang berlainan dengan desa Tuk Tuk. Walau menarik untuk dilihat, namun bau belerang yang begitu menyengat serta suhu air yang terlalu panas membuat Anda tidak bisa berendam di tempat ini.

Anda bisa mengendarai sepeda motor ke arah bukit di mana air panas ini berasal, dan melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *