Resep ‘Masala Chai’, Teh India yang Kaya Rempah

Inionline.id – Spiced Milk Tea atau dikenal dengan sebutan masala chai adalah minuman teh yang dibuat dengan menyeduh teh hitam dan dicampur rempah-rempah aromatik. Berasal dari India, minuman ini telah populer di seluruh dunia.

Masala chai memang menjadi salah satu minuman favorit bagi orang India, terutama saat musim hujan ataupun musim dingin. Sebab, teh jenis ini dipercaya bisa membuat tubuh tetap hangat dan meredakan sinus.

Masala chai memang minuman yang bagus untuk kesehatan. Sebab, terdiri darj campuran berbagai rempah-rempah yang sarat dengan nutrisi. Seperti kayu manis dan cengkeh yang membantu meningkatkan imunitas.

Adapun bahan-bahan dan cara membuat untuk membuat masala chai, sebagaimana dikutip dari laman thenutrifitlife pada Rabu (25/9), sangat mudah ditemukan.

Siapkan bahan pembuat teh. Bahan yang diperlukan, yakni dua sendok teh hitam, dua rempah kapulaga yang telah dihancurkan, setengah sendok teh bubuk kayu manis, empat lada hitam, dan dua siung. Ditambah satu jahe kecil berukuran 2,5 sentimeter yang telah dihancurkan, lalu satu gelas susu, setengah gelas air dan dua sendok gula pasir.

Kemudian, didihkan selama 2-3 menit sejumlah bahan, yakni setengah gelas air, kapulga, kayu manis, cengeh, jahe, dan lada hitam. Selanjutnya, kecilkan api pemekarannya dan tunggu selama 1-2 menit hingga muncul aroma khas dari campuran bahan tersebut.

Kemudian, tambahkan daun teh dan didihkan selama 3-4 menit. Lalu tambahkan susu dan gula. Didihkan dan diseduh selama 2 menit. Setelah itu matikan api dan saring bubuk teh dan rempah-rempahnya. Masala chai Anda sudah siap untuk dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *