PLN Sebut Listrik Bantu Tumbuhkan Ekonomi di Natuna

Ekonomi057 views

Inionline.id – PLN terus membangun infrastruktur kelistrikan guna mendorong tumbuhnya ekonomi tidak hanya di perkotaan namun juga di daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan Terpencil). Salah satunya terlihat di kabupaten Natuna Kepulauan Riau dalam empat tahun terakhir ini.

Vice Presiden Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengungkapkan, sejak PLN menambah pasokan listrik bertenaga diesel sebesar 9.500 killo Watt di tiga lokasi yaitu di Ranai tahun 2015 sebesar 4.000 killo Watt selanjutnya di Pian Tengah dan Klarik pada tahun 2018 dengan kapasitas masing-masing sebesar 5.000 dan 500 killo Watt, geliat ekonomi mulai tumbuh di daerah tersebut.

Pertumbuhan ekonomi di pulau Natuna ditunjukkan dengan bermunculan perusahaan cool storage atau biasa disebut perusahaan penyimpanan dan pengolahan ikan hasil tangkapan nelayan. Sejak 2015 hingga saat ini sudah ada tujuh cool storage yang dibangun dan menjadi pelanggan PLN, ketujuh Pelanggan tersebut mempunyai daya terpasang sebesar 2.938,5 kVA.

Maraknya perusahaan cool storage di Natuna membuktikan kalau hasil tangkapan ikan para nelayan semakin meningkat, sehingga ekonomi daerah semakin membaik, hal ini dirasakan langsung para nelayan.

Selain menambah daya mampu pasokan  listrik, PLN juga berhasil menghubungkan ketiga pembangkit dalam satu sistem interkoneksi 20 kV Natuna dan menambahkan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) hingga menjadi 320 kms, tinggal sekitar 40 kms lagi akan membentuk jaringan tertutup (Loop), PLN optimis seiring penyelesaian insfrastruktur jalan yang sedang dibangun maka untuk mewujudkan sistem kelistrikan jaringan tertutup (loop) akan segera terwujud.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian bahwa penyiapan insfrastruktur kelistrikan di pulau Natuna akan meningkatkan daya tarik investor untuk berinvestasi. Meskipun secara geografis berada di perbatasan dengan negara Malaysia dan China, upaya PLN untuk membangun dan menambah infrastruktur kelistrikan tidak akan menurun.

Komitmen PLN untuk memerdekan warga dari kegelapan diwujudkan juga di Pulau Sabang Mawang, kecamatan pulau Tiga, Natuna. Semenjak PLN membangun jaringan listrik tegangan menengah 20 kV pada tahun 2018 yang dilengkapi dengan pembangkit listrik bertenaga diesel yang berkekuatan 1.000 MW, maka perusahaan cool storage CV Mina Sejahtera pada bulan Juli 2019 telah menjadi pelanggan PLN dengan daya 197 kVA.

Perusahaan tersebut sebelum memanfaatkan listrik dari PLN mengunakan genset sendiri dengan rata-rata kebutuan solar setiap harinya sekitar 330 liter, saat ditemui di pulau Sabang Mawang, Hanafi pemilik usaha tersebut mengeluhkan besarnya biaya operasi setiap bulannya, belum lagi harus menyediakan teknisi untuk merawat dan mengoperasikan genset yang berkapasitas 300 kVA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *