Ahli Bentuk Asian Climate Experts Untuk Perkuat Aksi Iklim Asia

Headline, Nasional257 views

Inionline.id – Aksi menyelamatkan iklim dunia tidak adalah tugas bersama, untuk itu diperlukan Adanya peran akademisi dan peneliti serta kolaborasinya dengan pemangku kepentingan untuk menghadapi dekade penting di depan. Mencermati Iklim dunia khususnya para ahli iklim di wilayah Asia sepakat membentuk Asian Climate Experts atau ACE.

Untuk secara kolektif mempercepat upaya aksi iklim di wilayah Asia. Mahawan Karuniasa, dari Universtias Indonesia dan Ketua Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia (APIK Indonesia Network). Mengadakan Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 September di Bangkok, dalam rangka Asia Pasific Climate Week yang diselenggarakan oleh UNFCCC.

Sabarrudin dari Universitas Sriwijaya yang juga Wakil Ketua Umum APIK Indonesia Network menyatakan pembentukan ACE yang merupakan jejaring ahli iklim di Asia akan memperkuat produksi dan implementasi ilmu pengetahuan dalam menghadapi perubahan iklim di wilayah regional.

Selain itu juga dengan adanya pertemuan ini, memberikan dukungan posisi negara di Asia dalam upaya pengendalian iklim global. Jelasnya (5/9/19).

Pertemuan pembentukan ACE dihadiri para ahli Asia yaitu dari perwakilan Indonesia, Filipina,Vietnam, dan Thailand. Namun beberapa ahli dari Asia lainnya, antara lain Malaysia juga memberikan respon positif untuk bekerjasama melalui ACE. Asia Pacific Climate Week (APWC)diselenggarakan dalam rangka mendorong upaya percepatan aksi perubahan iklim dan ambisi lebih di region Asia Pasifik.pungkasnya

Untuk diketahui bahwa Hasil dari pertemuan APWC akan menjadi bahan penting Climate Action Summit di New York pada 23 September dan COP 25 di Chili yang akan dilaksanakan bulan Desember 2019. (Tri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *