5 Manfaat Telur Untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan057 views

Inionline.id – Tahukah Anda, telur tak hanya nikmat digunakan sebagai bahan makanan, namun telur juga berguna untuk perawatan kulit. Penasaran? Yuk, simak 5 manfaat telur untuk kecantikan dan kesehatan kulit berikut ini.

Mengurangi produksi minyak berlebih, lebih efektif dicampur dengan mentimun

Telur yang kaya akan vitamin E dipercaya ampuh untuk mengatasi produksi minyak berlebih di wajah. Caranya, pisahkan putih telur dan kuningnya, Anda hanya perlu menggunakan putih telur. Kemudian, campur putih telur dengan parutan mentimun. Kocok keduanya hingga berbusa.

Cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu, oleskan masker secara merata pada wajah, diamkan sekitar 15 Sampai 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Jangan lupa gunakan pelembap pada wajah setelahnya. Mentimun mengandung 90 persen air yang dapat mencegah kelenjar sebaceous untuk terlalu aktif memproduksi minyak.

Sembuhkan jerawat

Di dalam putih telur terdapat kandungan asam amino dan protein yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Caranya mudah, kocok putih telur hingga berbusa dan usapkan merata pada wajah. Diamkan 30 menit sampai mengering, lalu bilas menggunakan air hangat.

Untuk masker yang lebih ampuh, campurkan putih telur dengan dua tetes tea tree oil dan usapkan secara perlahan ke bagian wajah yang berjerawat. Jangan lupa untuk membilas masker dengan bersih hingga tak meninggalkan sisa.

Kecilkan pori-pori

Anda dapat menemukan kandungan enzim lisosin di dalam putih telur. Kandungan ini memiliki sifat astringent. Astringent bermanfaat untuk menyusutkan ukuran pori-pori serta mengencangkan kulit wajah. Selain itu, astringent juga mengandung asam salisilat yang ampuh untuk melawan komedo yang menumpuk di pori-pori.

Pada dasarnya, pori-pori terlihat besar apabila penuh dengan kotoran. Dengan membersihkan wajah hingga pori-porinya, tampilan pori-pori akan menyusut dan lebih samar. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasil lebih maksimal.

Hilangkan sel kulit mati

Sel kulit mati membuat wajah tampak kotor, kusam, dan tak bercahaya. Untuk itulah kamu perlu secara rutin menghilangkan sel kulit mati agar regenerasi kulit lebih maksimal. Cara membuat masker putih telur untuk hilangkan sel kulit mati secara optimal adalah dengan menggunakan putih telur yang dikocok hingga berbusa. Setelah itu tambahkan madu dan oatmeal.

Campur ketiga bahan sampai rata, lalu oleskan campuran tersebut pada wajah, biarkan sekitar 15 Sampai 20 menit, bilas wajah dengan air hangat sambil dipijat secara lembut. Bilas kembali dengan sabun cuci muka supaya tidak ada sisa masker yang tertinggal di wajah. Lakukan perawatan scrub putih telur ini sekali seminggu.

Kencangkan kulit kendur

Putih telur dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Anda bisa mencobanya dengan mengaplikasikan putih telur tipis-tipis di permukaan wajah.

Kemudian, tunggu hingga kering dan bilas menggunakan air hangat. Dengan menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu, kulit Anda akan terasa kencang dan tampak muda kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *