Souvlaki Yunani yang Menyenangkan Hati

Kuliner157 views

Inionline.id – Comfort food atau makanan yang menimbulkan kesenangan di hati bisa ditemukan di setiap negara, bahkan tiap daerah. Kalau orang Indonesia mungkin memilih bakso sebagai comfort food, maka orang Yunani menyukai souvlaki sebagai makanan yang menyenangkan hati dan tentunya perut.

Di Jakarta tidak terlalu mudah untuk menemukan souvlaki. Tapi ada satu tempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, yang menyajikan souvlaki autentik Yunani yang enak dan mengenyangkan karena porsinya yang besar.

Nikolaos Avgoustinos, membagi resep souvlaki yang tersaji di restorannya HaloNiko! di Plaza Lippo, Mampang, Jakarta Selatan. Katanya, souvlaki terdiri dari roti pita, isian daging, sayur yaitu daun ketumbar, bawang bombay, dan tomat, serta saus spesial racikan Niko sendiri.

Souvlaki bisa diisi dengan daging sapi, kambing, atau ayam. Daging tersebut akan dimasak secara grill setelah sebelumnya direndam dalam bumbu. Saat dibakar, daging akan dioles dengan campuran minyak zaitun dan perasan lemon.

Setelah daging matang, panaskan roti pita. Lalu sajikan daging yang sudah dipotong ke atas roti pita yang sudah diberikan sayur dan saus. “Sausnya dari mayones, mustar, madu, dan lemon,” kata Niko.

Saat penyajiannya, Niko menambahkan ubi yang digoreng tipis dan saus tzatziki. Atau saus yang dibuat dari yogurt, rajangan daun dill, bawang putih, dan mentimun. Serta sedikit tambahan minyak zaitun.

Satu lagi menu khas Yunani yaitu greek salad. Membuatnya sangat mudah. Niko pertama memotong tomat, mentimun, bombay, paprika, zaitun hitam, dan keju feta.

“Iris tipis bombay dan paprika,” katanya.

Lalu campur semua bahan di wadah. Terakhir tambahkan minyak zaitun gunakan yang extra virgin, tambahkan pula balsamic vinegar, kemudian aduk.

Niko mengatakan ia tidak menambahkan garam ke salad ini karena rasa keju feta sudah asin. Terakhir beri taburan oregano ke atas salad. Sajikan dengan potongan roti pita di sisi salad.

Istri Niko, Rika Hardjosuwarno, mengatakan di Yunani souvlaki langsung dimakan setelah roti pita dilipat. “Cara makannya langsung digigit tidak perlu dipotong kecil-kecil dulu,” ujarnya.

HaloNiko! menyajikan menu khas Yunani juga Jawa. Selain menyajikan souvlaki, greek salad, hingga kopi Yunani dan aneka kudapan khas Yunani, HaloNiko! juga menyediakan beragam menu Indonesia terutama bercitarasa Jawa seperti sego mangap, nasi goreng kambing, ayam bumbu rujak, tahu kumpul, lotek, dan aneka minuman segar ala Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *