Mengurai Huru-hara Kue Pandan Singapura

Kuliner157 views

Inionline.id – Kue pandan mendadak jadi sorotan. Gara-garanya adalah daftar kudapan kue terbaik di dunia.

Daftar menyematkan kue yang akrab pula disebut bolu pandan sebagai salah satu yang terbaik. Dalam rilisnya, bolu pandan disebut sebagai ‘kue nasional’ Singapura.

Bolu pandan umum ditemukan di Indonesia. Bolu hadir dengan suntikan warna dan aroma wangi pandan.

Dua toko kue yang berbasis di Singapura dengan sajian bolu pandan nikmat. Beberapa toko itu di antaranya Pine Garden’s Cake dan Bengawan Solo.

Mengutip laman resmi Bengawan Solo, toko kue ini dimiliki oleh Tjendri Anastasia. Dia merupakan perempuan kelahiran Bangka, Indonesia yang memutuskan tinggal di Singapura sejak 1970.

Anastasia diketahui tertarik dengan kudapan asli Indonesia. Ketertarikan itu dimulai dari dapur kecilnya.

“Saya hanya memiliki dapur kecil di rumah. Saya haris melakukan semuanya sendiri. Saya membuat semua kue dengan tangan. Saya tidak ambil jalan pintas, hanya menggunakan bahan terbaik dan paling segar,” ujar Anastasia dalam sebuah wawancara pada 2013, mengutip laman Singapore Women’s Hall of Fame.

Kelezatan kue buatannya ditambah testimoni positif pelanggan membuat usahanya banjir pesanan. Meski sempat tersandung persoalan lisensi, toko kue Bengawan Solo berhasil berdiri pada 1979 silam.

Tak terbatas kue pandan, toko juga menyediakan kue-kue lain asal Indonesia seperti onde-onde, getuk, bika ambon, dan kue lapis.

Kue Indonesia menjadikan Anastasia sebagai salah satu pemilik jaringan toko kue terbesar di Singapura. Tak heran jika melihat ‘pandan cake’ sebagai kue favorit orang Singapura.

Kue pandan memang dikenal sebagai salah satu kudapan khas Tanah Melayu. Indonesia, Singapura, dan Malaysia menjadi negara yang akrab dengan kue berwarna hijau muda ini.

Beberapa literatur juga menyebut bahwa kue ini berasal dari Indonesia. Kemunculannya dipengaruhi oleh keberadaan orang-orang Belanda di era kolonial.

Kue pandan kemudian populer di berbagai negara lain seperti Filipina, Vietnam, Laos, Thailand, Hong Kong, dan China. Di Vietnam, misalnya, orang mengenalnya dengan nama banh phu si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *