8 Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Kota Solo Saat Malam Hari

Kuliner257 views

Inionline.id – Kota Solo merupakan kota yang ukurannya tidak terlalu luas. Saat malam hari, hal yang paling asyik dilakukan di Kota Solo adalah berwisata kuliner.

Di kota ini banyak terdapat penjual-penjual kuliner yang hampir bisa ditemui di setiap gang. Nah, apabila kamu ingin berwisata kuliner di Solo, berikut ini aneka macam makanan yang bisa kamu pilih saat kulineran malam hari di Kota Solo.

1. Susu

Daerah yang terkenal sebagai penghasil susu sebenarnya adalah Boyolali. Namun, Kota Solo saat malam hari juga memiliki cukup banyak warung-warung kaki lima yang menjajakan pilihan menu susu segar.

Salah satu tempat menikmati susu segar adalah warung Susu Segar Shi Jack. Warung susu segar ini ada banyak di Kota Solo, seperti di Kota Barat maupun daerah Laweyan.

Susu Segar Shi Jack menjual berbagai kreasi susu seperti soda gembira, Susu Telur Madu Jahe, dan sebagainya. Di warung ini juga dijual nasi kucing sate-satean serta roti bakar.

2. Gudeg

Tak hanya Jogja, di Solo juga banyak penjual gudeg.

Tempat-tempat terkenal yang menjual gudeg di Solo saat malam hari diantaranya adalah Gudeg Relasi. Gudeg ini berada di depan swalayan Relasi. Penjaja kaki lima ini mulai buka mulai sekitar pukul 21.00 ketika swalayan sudah tutup.

Tempat lain yang juga terkenal adalah Gudeg Ceker Mergoyudan. Gudeg ini buka pukul 01.00 WIB. Meskipun buka saat dini hari, tetapi gudeg ini selalu dinanti para penggemarnya. Warung gudeg ini sudah ada sejak tahun 1970.

3. Nasi liwet

Nasi Liwet merupakan kuliner khas kota Solo. Nasi ini berupa nasi gurih yang diberi sayur labu siam, areh, serta suwiran ayam kampung.

Ada beberapa kawasan yang bisa didatangi untuk membeli nasi liwet di Solo saat malam tiba. Seperti kawasan dekat lampu merah Laweyan, sekitar Pasar Kartasuro, Solo Baru serta sekitar Mangkunegaran.

4. Jagung bakar

Jagung bakar juga menjadi kuliner favorit di Kota Solo. Ada banyak penjual-penjual jagung bakar di Kota Solo.

Salah satu tempat untuk menikmati jagung bakar yang terkenal salah satunya adalah jagung bakar di daerah Widuran.

Jagung bakar ini menjadi satu dengan warung Sosis Naga Widuran. Jagung bakar di sini terkenal dengan rasanya yang pedas. Selain jagung, di warung ini juga terdapat aneka pilihan sosis.

5. Sego kucing

Belum lengkap kalau ke Solo tanpa mencicip sego kucing yang banyak dijual di angkringan-angkringan Kota Solo.

Sego kucing merupakan nasi bungkus yang berisi nasi dengan lauk potongan bandeng serta sambal bawang. Jadi, bukan nasi buat kucing, ya.

6. Mi godok

Mi godog atau mi rebus merupakan hidangan yang sangat mudah ditemui saat Kamu berada di Solo. Di gang-gang kawasan Kota Solo, di kaki lima sekitar Laweyan, serta  para penjual keliling, adalah beberapa tempat di mana kamu bisa mendapati penjual mi godok.

Salah satu warung mi godok yang cukup terkenal adalah Warung Mie Godog Bu Citro yang berlokasi di Tipes Serengan.

7. Wedang ronde

Wedang ronde merupakan minuman yang mesti kamu coba saat berada di Solo. Minuman ini cukup khas lantaran berisi bulatan tepung ketan yang di dalamnya berisi gula jawa. Selain itu, kuah jahe yang memberikan sensasi hangat membuatnya cocok dinikmati saat malam hari.

Untuk mendapatkan wedang ronde Kamu bisa mendatangi sekitar Manahan, Alun-alun Kidul, maupun sekitar Pasar Gedhe. Biasanya para penjual menjajakkan ronde dengan gerobak yang didorong.

8. Bakso bakar

Bakso bakar adalah kuliner berupa bakso yang dilumuri kuah kecap manis ataupun kuah kacang.

Tempat paling asik untuk menikmati bakso bakar adalah di Alun-alun Kidul Solo. Berada di sana, kamu bisa mencicipi bakso bakar sembari naik becak cinta yang juga banyak ada di alun-alun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *