Tolak Klaim China, Kapal Perang AS Berlayar di LCS

Internasional157 views

Inionline.id – Militer Amerika Serikat mengerahkan salah satu kapal perangnya, Preble, untuk berlayar di dekat Pulau Scarborough Shoal, Laut China Selatan, yang disengketakan Beijing.

Juru bicara Armada Ketujuh (7th) Angkatan Laut AS, Clay Doss, mengatakan Preble sengaja dikerahkan guna menentang klaim maritim dan menegakkan kebebasan bernavigasi di perairan tersebut.

“Preble berlayar dengan jarak 12 mil laut dari Scarborough Reef untuk menentang klaim maritim yang berlebihan dan menjaga kebebasan akses ke perairan itu yang diatur hukum internasional,” ucap Doss kepada Reuters, Senin (20/5).

Manuver ini merupakan yang kedua kali dilakukan AS di LCS sejak April lalu. Meski tak memiliki sengketa di LCS, AS mempertahankan kebebasan bernavigasi di perairan kaya sumber daya tersebut.

LCS menjadi perairan rawan konflik setelah Beijing mengklaim hampir seluruh wilayah yang menjadi jalur perdagangan utama itu. Klaim itu tumpang tindih dengan sejumlah negara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, hingga Taiwan.

Pengerahan Preble ke dekat Scarborough Shoal menjadi langkah terbaru Washington melawan apa yang dianggapnya selama ini sebagai upaya Beijing membatasi kebebasan bernavigasi di LCS.

Manuver Preble juga berlangsung ketika ketegangan AS-China dalam hal perang dagang kembali memanas terutama setelah Presiden Donald Trump memberlakukan tarif impor baru sebesar 25 persen terhadap lebih dari 5.700 produk China pekan lalu.

Tak hanya itu, AS juga akan memberlakukan tarif pada impor China lainnya yang bernilai US$300 miliar.

Trump menyatakan pengenaan tarif tersebut dilakukan karena AS melihat China tidak memiliki itikad baik dalam menyelesaikan ketegangan dagang dengan negaranya yang telah berlangsung sejak 2018 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *