DPD Setuju Evaluasi Mendalam Untuk Pemilu 2019

Politik157 views

Inionline.id – Wakil ketua DPD, Nono Sampono, memberikan ucapan bela sungkawa kepada penyelenggara Pemilu 2019 yang meninggal dunia setelah menjalankan tugas. Dengan adanya kejadian ini, menurutnya, perlu adanya evaluasi mendalam oleh semua pihak terkait penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Ke depan memerlukan kajian kita bersama semua pihak dan perlu ada perbaikan dan penyempurnaan kajian yang dalam dan juga perlu lakukan simulasi,” ujar Nono usai rapat paripurna DPD RI di Gedung Nusantara V, Kompleks DPR/MPR/DPD RI.

Terkait tentang diperlukannya evaluasi yang mendalam tentang Pemilu 2019 ini, DPD akan melakukan pembahasan dengan semua pihak, baik KPU, TNI Polri, dan Bawaslu.

“Kita akan memanggil semua pihak, KPU, TNI Polri, Bawaslu. Kita panggil semuanya dan kita bahas bersama, apakah regulasi yang berlaku ini sudah tepat atau belum,” jelasnya.

Selain itu, DPD juga akan memberikan usulan untuk pengkajian ulang mengenai sistem penyelenggaraan pemilu ke depan.

“Biarkan ini berjalan, biarkan tahapan ini selesai kita jalankan, lebih kurangnya nanti kita lihat,” jelasnya.

Dalam proses evaluasi ini, lanjut Nono, perlu juga dibentuk tim khusus. Sehingga hasil yang diperoleh objektif.

“Saya berfikir dalam proses yang sedang berjalan ini ada baiknya dari DPR atau DPD segera membentuk sebuah tim khusus atau pansus untuk meninjaunya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *