Spanyol Unggul 2-1 Melawan Norwegia Di Kualifikasi Piala Eropa

Inionline.id – Tiga angka dikantongi Spanyol di laga pertama Kualifikasi Piala Eropa 2020. Berhadapan dengan Norwegia, Spanyol menang tipis dengan skor 2-1.

Melakoni laga Grup F, Spanyol menjamu Norwegia di Stadion Mestalla, minggu (24/3/2019) dinihari WIB. La Furia Roja mendominasi permainan dari awal sampai akhir.

Statistik ESPNFC mengungkapkan, Spanyol memiliki keunggulan penguasaan bola mencapai 75% dibanding Norwegia yang hanya 25%. Tim besutan Luis Enrique itu juga melahirkan banyak peluang yaitu 26 percobaan dengan 11 di antara mengarah ke sasaran.

Meski begitu hanya satu gol dari open play yang bisa diciptakan Spanyol di pertandingan ini. Sedangkan Norwegia menciptakan empat percobaan yang dua di antaranya mengarah ke sasaran.

Spanyol memulai pertandingan dengan menjanjikan setelah Rodrigo menggetarkan gawang Norwegia di menit ke-16. Bekerja sama dengan Marco Asensio, Jordi Alba mengirim umpan silang akurat kepada Rodrigo yang diteruskan sontekan dari jarak dekat. Spanyol memimpin 1-0.

Spanyol hampir memperbesar skornya dua menit kemudian. Dari set-piece Dani Parejo mengim umpan kepada Alvaro Morata untuk diteruskan dengan sundulan keras. Kiper Rune Jarstein merentangkan badannya untuk membuat penyelamatan gemilang.
Norwegia melewatkan peluang menyamakan skor di menit ke-31. Markus Henriksen melepaskan umpan silang mendatar di depan gawang di luar jangkauan David de Gea. Tarik Elyounoussi tinggal mensontek bola ke gawang, tapi sentuhannya justru membuat bola keluar.

Setelah turun minum, Norwegia mendapatkan bentuk permainannya sehingga mampu membuat Spanyol dalam tekanan di menit-menit awal. Pelanggaran Inigo Martinez kepada Johnsen memaksa wasit menunjuk titik putik.

Joshua King maju sebagai eksekutor dengan melepaskan tembakan keras. De Gea bisa menebak arah bola, tapi aliran bola begitu deras sehingga tak mampu dicegahnya. Skor 1-1 di menit ke-65.

Spanyol merespons secara instan. Hanya enam menit kemudian, Spanyol berhasil unggul kembali dengan kedudukan 2-1.

Spanyol bermain lebih santai, sedangkan Norwegia kesulitan merebut bola. Di masa injury time, Norwegie menciptakan ancaman-ancaman dari sepak pojok tapi Spanyol mampu bertahan dari ancaman tersebut untuk menjaga keunggulannya hingga laga usai.

Diawali dari kesalahan back-pass, Morata bisa merebut bola. Wasit menghadiahi Spanyol setelah Morata dijatuhkan Jarstein. Bek sekaligus kapten Spanyol Sergio Ramos melakukan penalti panenka.

Dengan hasil ini, Spanyol duduk d posisi kedua klasemen grup dengan posisi kedua dengan nilai tiga poin sama dengan Malta (1) dan Swedia (3). Norwegia berada di urutan kelima tanpa poin di bawah Kepualuan Faore (4) dan Romania (6).

Susunan Pemain

SPANYOL: De Gea, Sergio Ramos, Alba, Inigo Martinez, Jesus Navas, Dani Parejo (Rodri Hernandez), Busquets, Asensio, Ceballos (Canales 74′), Morata (Jaime Mata 89′), Rodrigo.

NORWEGIA: Jarstein, Nordtveit, Elabdellaoui, Aleesami, Ajer, Johansen (Kamara 77′), Henriksen, Selnaes, Odegaard (Mohamed Elyounoussi 56′), Tarik Elyounoussi (Johnsen 55′), King.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *