Satu Ruas Jalan Menuju Bromo Mengalami Longsor

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Bagi wisatawan yang ingin berangkat ke Gunung Bromo melewati Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, harus ekstra waspada.

Lantaran ruas jalan di atas Wisata Coban Pelangi di Dusun Tungguan, terjadi longsor.

Ruas jalan yang ambrol sendiri terjadi di dekat Gubuk Lakah. Atau hanya berjarak 8 kilometer dari Desa Ngadas yang menghubungkan ke Gunung Bromo.

Longsor terjadi karena guyuran hujan lebat yang terjadi pada Senin malam. Membuat ruas jalan menuju Gunung Bromo longsor sepanjang 15 meter dengan kedalaman sekitar 6 meter.

Longsornya ruas jalan juga diakibatkan tidak adanya saluran air keluar sehingga daya ikat tanah berkurang dan menyebabkan ambrolnya ruas jalan.

“Karena itu pengguna jalan menuju wilayah tersebut maupun yang hendak ke Bromo harus waspada,” ujar Budiasan, Linmas Desa Gubuk klakah.

Untuk mengatasi itu, BPBD, kepolisian dan TNI bersama warga Desa Gubuklakah, secara bahu membahu membuka jalur baru dengan mengikis tebing.

“Itu untuk memberikan ruang kendaraan melintas yang hanya tersisa sekitar 2 meter,” imbuhnya.

Meski begitu dia mengatakan akses menuju Gunung Bromo masih aman sementara ini. Namun, wisatawan tetap harus berhati-hati lantaran curah hujan masih terus mengguyur wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *