Resep Dan Cara Membuat Tahu Gimbal Khas Semarang

Kuliner457 views

Inionline.id – Bagi warga Semarang, Tahu Gimnal tentunya sudah tidak asing lagi. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal serta dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang.

Berbeda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental, saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Untuk rasanya, pecinta kuliner wajib mencicipinya.

Untuk menikmatinya, Anda harus pergi ke Semarang atau restoran tertentu. Buat saja sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Berikut resepnya seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:

1 buah tahu pong
100 ml air
1/2 sdt garam
100 g kol
2 btg seledri
2 sdm bawang goreng
Kerupuk udang
Minyak goreng

Bahan gimbal udang:

300 g udang
150 g tepung terigu protein sedang
25 g tepung beras
1 sdt garam
1/4 sdt lada
2 btr telur
150 ml air

Bahan saus:

4 buah cabai rawit merah
2 sdt petis
2 siung bawang putih
1 sdt gula merah
1 sdt garam
60 g kacang tanah goreng
4 sdt kecap manis
4 sdt air asam jawa
150 ml air

Cara membuat:

1Rendam tahu dalam air dan garam. Diamkan 5 menit. Goreng sampai matang. Sisihkan. Gimbal udang, aduk tepung terigu, tepung beras, garam, merica bubuk, dan air. Tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan udang. Aduk rata. Ambil 1 sendok sayur adonan. Goreng sampai matang. Sisihkan.

Saus, haluskan cabai rawit, petis, bawang putih, gula merah, dan garam. Masukkan kacang tanah, ulek rata. Tambahkan kecap manis, air asam, dan air sambil diulek rata. Tata potongan tahu, kol, dan gimbal udang. Siramkan saus. Taburi seledri dan bawang goreng. Sajikan bersama kerupuk udang. Tahu gimbal siap dihidangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *