Pesawat Boeing 737 Milik Ethiopian Airlines Terjatuh

Internasional057 views

Inionline.id – Kabar duka dari dunia penerbangan kembali datang. Kali ini, dari Etiopia, Afrika. Pesawat Boeing 737 Max-8 milik Ethiopian Airlines yang membawa 157 orang jatuh setelah lepas landas dari Addis Ababa Bole International Airport Etiopia menuju Nairobi, Kenya, Minggu (10/3).

Pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 itu membawa 149 penumpang dan 8 kru. Dilansir dari Al Jazeera, pesawat itu lepas landas pada pukul 08.38 waktu setempat. Tak lama kemudian, sekitar 08.44 pesawat Boeing 737 Max-8 milik Ethiopian Airlines itu dikabarkan jatuh.

BBC melaporkan, saksi mata di tempat kejadian menyebut ada ledakan yang disusul dengan kebakaran hebat saat pesawat mulai menabrak tanah. ’’Semuanya terbakar. Ledakan dan api begitu kuat sehingga kami tidak bisa mendekatinya,” ujarnya.

Pernyataan resmi dari Ethiopian Airlines mengatakan kalau operasi pencarian dan penyelamatan langsung diturunkan. Lokasinya, di sekitar kota Bishoftu, yang berjarak 60 km tenggara ibu kota Etiopia, Addis Ababa.

“Staf Ethiopian Airlines akan dikirim ke lokasi kecelakaan dan melakukan segala kemungkinan untuk membantu layanan darurat,” tulis Ethiopian Airlines.

Sampai berita ini ditulis, belum diketahui apakah ada yang selamat dari kejadian tragis itu. Perdana Menteri Etiopia Abiy Ahmed menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas insiden itu melalui akun Twitter @PMEthiopia.

’’Kantor Perdana Menteri, atas nama pemerintah dan rakyat Etiopia, menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang telah kehilangan orang dicintainya dalam penerbangan Ethiopian Airlines Boeing 737 menuju Nairobi, Kenya pagi ini,’’ tulis Abiy Ahmed.

Belum ada keterangan resmi apa yang menyebabkan pesawat Boeing 737 Max-8 milik Ethiopian Airlines itu jatuh. Namun, jenis pesawat yang jatuh mengingatkan kepada insiden jatuhnya pesawat Lion Air pada Oktober 2018. Sebab, jenis pesawatnya sama-sama Boeing 737 Max-8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *