by

Demi Mengamankan Kabupaten Nduga (Papua), TNI Kirim 600 Personel Tambahan

Inionline.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan 600 personel tambahan untuk ditempatkan di Kabupaten Nduga, Papua. Penambahan jumlah personel dilakukan setelah terjadi insiden kontak tembak antara TNI dan Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Egianus Kogoya yang menewaskan tiga personel TNI.

“Saat ini personel sudah sampai di Timika, 600 prajurit akan mulai kami berangkatkan hari ini ke Nduga,” kata Kepala Penerangan Kodam VII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi saat dihubungi, Sabtu, 9 Maret 2019.

Aidi menuturkan 600 personel itu dikirim dari Divisi Kostrad III Makassar dan Batalyon Zeni Tempur 8 Makassar. Sebelumnya, sudah ada sekitar 200 personel TNI yang ditempatkan di sana. Di Nduga, personel tambahan akan disebar untuk melanjutkan sekaligus mengamankan pembangunan proyek infrastruktur.

Selain itu, Aidi mengatakan personelnya juga akan disebar untuk melakukan penjagaan ke kampung-kampung yang diduga menjadi basis KKB. TNI, kata dia, berharap tindakan tersebut dapat memutus jalur dan sumber logistik KKB.

Sebelumnya, sejumlah personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Penegakan Hukum diserang KKB di Distrik Mugi, Nduga, pada Kamis, 7 Maret 2019.

Insiden itu terjadi saat Satgas Gakkum melakukan pengamanan pergeseran pasukan yang akan menjaga pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena-Mumugu. Dalam insiden itu, 3 personel TNI tewas, sementara di pihak KKB diperkirakan 10 orang tewas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.