Petugas Call Center PDAM Harus Lebih Profesional

Antar Daerah157 views

inionline.id – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menetapkan standar tinggi dalam pelayanan Call Center 24 Jam kepada pelanggan. Petugas yang terbukti cakap menjalankan tugasnya, maka akan diberi penghargaan khusus. Sebaliknya jika lalai, maka akan dikenakan sanksi yang berlaku.

Untuk itu, kata Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, operator Call Center dituntut lebih profesional dalam melayani pelanggan dan lihai menangani keluhan gangguan pelayanan. “Layanan Call Center 24 Jam PDAM Kota Bogor merupakan layanan pelanggan yang melayani berbagai informasi. Seperti informasi gangguan pengaliran, pasang baru, tagihan dan sebagainya,” ujar Deni saat melepas kegiatan Kunjungan Lapangan Petugas Call Center awal pekan ini.

Kegiatan ini merupakan program Sub Departemen Humas PDAM Kota Bogor untuk memberikan pengetahuan tentang lokasi sumber-sumber air, instalasi pengolahan air, laboratorium, dan sistem pengolahan air pada perusahaan air bersih milik Pemkot Bogor ini.

Lokasi-lokasi yang dikunjungi itu antara lain Sumber Air Kota Batu di Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, intake Ciherang Pondok (Cipon) di Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, IPA Cipaku dan Laboratorium di Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan, IPA Dekeng di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan dan SPAM Katulampa di Desa Cibanon Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Deni memberikan apresiasi kegiatan ini. Petugas Call Center, menurut Deni harus memiliki pemahaman menyeluruh jenis produk dari sebuah perusahaan. Hal ini penting saat menghadapi komplain atau pertanyaan dari pelanggan sehingga dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang dihadapi customer dengan cepat dan lugas.

“Beberapa petugas (Call Center) saya lihat muka-muka baru. Saya setuju mereka diajak ke lokasi-lokasi sumber air dan (intake) Cipon agar lebih paham tentang air baku PDAM. Kenapa kalau keruh bisa terjadi gangguan, dan lain-lain,” ujar Deni.

Deni meminta petugas Call Center bekerja lebih profesional karena tuntutan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kota Bogor sudah sangat tinggi. “Ketika ada pelanggan yang komplain, dia (petugas) harus dapat menjelaskan secara gamblang. Singkat, padat dan jelas. Segera koordiasikan dengan pihak terkait jika ada laporan gangguan,” ujar Deni.

Asisten Manajer Humas PDAM Kota Bogor R. Poppi Rustanti menambahkan kunjungan lapangan ini merupakan program pembinaan PDAM bersama PT Personel Alih Daya (Persada) sebagai penyedia jasa Contact Center dan Resepsionis di PDAM.

“Pada prinsipnya, kami berkomitmen menghadirkan operator Call Center yang profesional dan handal, sehingga masyarakat dan pelanggan bisa mendapatkan akses informasi yang mudah dan cepat tertangani,” ujar mantan Kepala Sub Bagian Hubungan Langganan PDAM Kota Bogor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *