Perlu Perubahan Pendidikan Untuk Cegah Bullying Di Sekolah

inionline.id – Beberapa waktu belakangan ini dunia pendidikan di Indonesia cukup menarik perhatian masyarakat. Bukan lantaran prestasi, melainkan tindakan kurang menyenangkan yang dilakukan murid kepada guru atau tindakan kekerasan yang dilakukan orangtua kepada guru buah hatinya.

Masyarakat sempat dikejutkan dengan beredarnya video yang menunjukkan sejumlah murid melakukan bullying atau perundungan terhadap seorang guru. Video itu diduga terjadi di salah satu sekolah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Perundungan ini bermula ketika murid berinisial A ditegur karena diduga merokok di dalam kelas. Murid tersebut tidak terima dan mem-bully sang guru.

Pada November tahun lalu, beberapa murid sekolah di Kendal juga diduga merundung seorang guru mereka. Terkait dengan fenomena tersebut, psikolog dan pendidik, Najelaa Shihab menyebut bahwa penanganan terhadap kasus ini harus secara menyeluruh. Ini mengingat bisa jadi murid yang merupakan pelaku perundungan juga korban kekerasan.

“Penanganan harus menyeluruh karena anak yang melakukan kekerasan itu sering kali korban. Mungkin dia dikerasin dalam situasi lain dia merasa enggak berhasil, di sekolahnya dia malah justru sukses dengan mem-bully orang, kemudian mendapat dukungan dari orang. Justru masalahnya jauh kompleks sekarang,” kata dia kepada awak media dalam acara Listerin melalui kampanye Ubah dengan Suara di Double Tree Jakarta Pusat, Rabu 20 Februari 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *