Hore, Desa Nagrak Punya Jembatan Gantung Ala Golden Gate

Bogor, Inionline.Id – Setelah puluhan tahun warga Kampung Cikeas Ilir, Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor melewati jembatan mendu yang sudah berusia hampir seratus tahun,tepat pada selasa (26/02/19) warga Nagrak bergembira karena jembatan Mendu yang lama telah digantikan oleh jembatan Mendu yang baru dengan desain ala jembatan Golden Gate Amerika Serikat. Jembatan tersebut langsung ditinjau dan diresmikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Anton Sukartono Suratto yang juga memiliki jasa dalam berdirinya jembatan senilai 2 milyar rupiah tersebut.

Nurdin selaku Sekretaris Desa Nagrak menyatakan rasa terima kasihnya kepada Anton Sukartono Suratto yang telah mendorong pembangunan jembatan Mendu ini dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Alhamdulillah berkat bantuan pak Anton saat ini desa Nagrak memiliki jembatan baru yang menghubungkan antara Desa Nagrak, Kabupaten Bogor dengan kelurahan Jatirangga, Kota Bekasi, sehingga akses masyarakat kami kedepannya akan semakin mudah” ujar Nurdin. Dirinya menambahkan bahwa jembatan Mendu yang lama itu saat ini kondisinya sangat riskan untuk dilalui warga, selain usianya yang hampir 100 tahun, ketika hujan turun kondisi jembatannya sangat licin.

Budiyono selaku Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PJN 2 Jawa Barat 1 Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, menyatakan bahwa jembatan ini memiliki panjang 42 meter, lebar 1,8 meter, dengan tipe bentangan simetris. “Saya mewakili Kementrian PUPR dibawah dirjen Binamarga menjamin bahwa kami akan melakukan pemeliharaan jembatan ini selama dua tahun, setelah itu baru kami akan serah terimakan antara Pemkab Bogor, atau Pemkot Bekasi” ujar Budi.

Anton Sukartono Suratto juga bersyukur atas selesainya jembatan gantung Mendu ini, dirinya masih ingat betul ketika di wilayah kota Bekasi ada sedikit masalah dimana pemilik tanah tidak mengizinkan adanya pondasi jembatan gantung yang peruntukannya untuk kelancaran akses masyarakat dua desa ini. “Ya Alhamdulillah karena niat kita baik, berkat diskusi yang baik juga akhirnya kita mendapat izin untuk meletakkan pondasi jembatan mendu ini, sekarang warga Desa Nagrak dan warga Kelurahan Jatirangga bisa melalui jembatan ini dengan lebih nyaman” ujar Anton. Politisi Demokrat ini juga berharap dengan adanya jembatan Mendu yang baru ini perekonomian Desa Nagrak dan Kelurahan Jatirangga bisa lebih baik lagi karena tidak ada lagi masalah akses diantara kedua daerah tersebut.(JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *