BMKG Melakukan Kerjasama Dengan PBNU

Headline, Nasional257 views

inionline.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) guna pemanfaatan dan pengembangan informasi di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menuturkan, untuk mendukung antisipasi dan mitigasi bencana diperlukan adanya strategi pentahelix yang terdiri atas akademia dan pakar, pihak swasta, masyarakat, tokoh agama, pemerintah dan lembaga terkait serta media.

“Salah satu strategi kerja samanya dilakukan dengan para tokoh masyarakat (ulama),” ujar Dwikorita dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

Menurut dia, dengan jejaring Nahdatul Ulama (NU) yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, diharapkan penyebarluasan informasi cuaca, iklim dan gempa bumi dapat dilakukan secara efektif dan efisien dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat. Kesepakatan bersama ini akan berlangsung selama 5 tahun setelah ditandatangani kesepakatan bersama ini.

“Kami menggandeng NU karena NU mempunyai jejaring yang sangat luas dan kuat di seluruh penjuru tanah air sehingga diharapkan melalui jejaring ini informasi BMKG dapat disampaikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dwikorita berharap melalui kerja sama ini, informasi dari BMKG nantinya  dapat menghasilkan informasi untuk produktivitas pembangunan, seperti Sekolah Lapang Iklim (SLI) BMKG.

Ia menjelaskan, informasi ini dapat membantu nelayan atau pun petani untuk meningkatkan produktivitas panen. Kegiatan SLI yang dilakukan sejak 2011, tiap tahun dapat meningkatkan 36 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *