Rotasi Kepemimpinan, Bareskrim dan Polda Metro Jaya Punya Pimpinan Baru

Jakarta, Inionline.Id – Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian kembali merombak susunan pejabat perwira tinggi dan menengah. Hal itu tertuang dalam surat bernomor ST/188/I/KEP./2019 tanggal 22 Januari 2019, yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Eko Indra Heri.

“Saya membenarkan. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri,” tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta, Selasa (22/01).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis diangkat menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistyanto selanjutnya menduduki jabatan sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Mabes Polri (Kalemdiklat) menggantikan Komjen Pol Unggung Cahyono yang dimutasi menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Posisi Kabaintelkam Polri sebelumnya diisi Komjen Pol Lutfi Lubihanto yang dimutasi sebagai perwira tinggi di badan itu.

Kemudian posisi Kapolda Metro Jaya yang lowong akan dijabat oleh Irjen Gatot Eddy Pramono. Sejumlah jabatan penting pernah diduduki oleh Gatot selama 30 tahun terakhir. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Depok. Sebelum ditunjuk menjadi Kapolda Metro Jaya, Gatot sebelumnya menjabat sebagai Asistensi Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Gatot juga dipercaya memimpin Satuan Tugas Nusantara yang dibentuk oleh Polri menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019. Satgas Nusantara ini bertugas untuk mendinginkan suasana saat tensi politik sedang memanas selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berlangsung. Satgas ini banyak menindak pelaku ujaran kebencian jelang pesta demokrasi

Sementara itu, Irjen Pol Agung Sabar Santoso yang merupakan Wakil Irwasum diangkat menjadi Asrena Polri. Wakil Irwasum Mabes Polri digantikan Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Umar Septono.

Selanjutnya, Irjen Pol Hamidin yang merupakan Perwira tinggi di Densus 88 diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Asisten bidang Operasi Kapolri Irjen Pol Deden Juhara dimutasi menjadi pati di bidang yang sama dalam rangka pensiun. Irjen Pol Rudy Sufahriadi sebagai Komandan Brimob diangkat menjadi Asisten Bidang Operasi Kapolri dan posisinya digantikan Irjen Pol Ilham Salahudin.

Selain itu, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung dimutasi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri dan digantikan Brigjen Pol Supratman.

“Sebagai tour off duty personel Polri, sebagai juga penyegaran sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam pelindungan, pelayanan dan pengayoman, kamtibmas dan penegakan hukum,” kata Dedi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *