Israel dan Iran Saling Bentrok di Suriah

Internasional157 views

Inionline.Id – Militer Israel menggempur markas pasukan Iran di Suriah dengan serangkaian serangan rudal pada Senin (21/01).

IDF mengatakan target operasi ini adalah Pasukan Quds, satuan elite Garda Revolusioner Iran. Belum ada detail lebih lanjut mengenai hal ini, tapi dikabarkan telah terjadi serangan di sekitar ibu kota Suriah, Damaskus, pada Senin pagi.

“Kami memulai serangan ke target-target Quds Iran di wilayah Suriah. Kami memperingatkan Pasukan Bersenjata Suriah agar tidak menyerang pasukan atau wilayah Israel.” jelas pernyataan dari Militer Israel.

Media milik pemerintah Suriah juga mengakui bahwa Israel meluncurkan serangan intens dengan serangkaian rudal. Namun, menurut media tersebut, pasukan angkatan udara Suriah berhasil menghancurkan sebagian besar rudal itu.

Serangan ini adalah kelanjutan dari aksi saling balas yang memanas pada Minggu. Suriah memang menyerang Israel dengan dalih untuk balas dendam atas serangan udara negara pimpinan Benjamin Netanyahu tersebut.

Pemerintah Israel yang selama ini bungkam terkait operasi militernya di Suriah telah mengubah kebijakannya. Rezim Zionis kini menyatakan konfrontasi terbuka dengan Iran di negara yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Israel Katz, menteri intelijen rezim Zionis, dalam sebuah wawancara dengan Army Radio, Senin (21/1/2019).

Militer Tel Aviv mengatakan tembakan misil oleh pasukan Iran dari Suriah ke wilayah Israel dengan tujuan untuk menghantam Dataran Tinggi Golan utara telah diintersepsi sistem pertahanan Iron Dome. Sebagai respons, pesawat-pesawat jet tempur IDF (Pasukan Pertahanan Israel) menyerang sasaran militer dan sistem pertahanan udara Suriah pada Minggu malam dan Senin dini hari.

“Kami telah membuat kebijakan untuk menyerang kubu pertahanan Iran di Suriah dan untuk membahayakan siapapun yang mencoba untuk mengganggu kami,” kata Netanyahu.

Selama ini, Israel sering membantah bahwa mereka telah melakukan penyerangan ke dalam wilayah Suriah.

Namun, pada Mei 2018, Israel mengatakan bahwa mereka telah menghancurkan hampir seluruh infrastruktur pasukan militer Iran di Suriah, serangan terbesar sejak dimulainya perang saudara Suriah pada 2011.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *