Elektabilitas PDIP Tertinggi Menurut Survei LRP

Politik357 views

Inionline.Id – Lembaga Riset Publik ( LRP) merilis hasil survei nasional terkait elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2019. Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) memperoleh elektabilitas tertinggi dibandingkan partai politik lain, yaitu sebesar 31,2 persen.

“Kami menanyakan kepada responden, jika Pemilu Legislatif dilakukan hari ini, partai politik mana yang dipilih, hasilnya sebanyak 31,2 persen memilih PDI Perjuangan,” kata Direktur Riset LRP Arvan Maulana dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (6/1).

Arvan menyebutkan peningkatan eleketabilitas PDIP paling signifikan mencapai 2,7% dalam dua bulan terakhir, yaitu dari 28,5% pada Oktober 2018 menjadi 31,2% pada Desember 2018.

“Naiknya elektabilitas PDIP didukung karena kinerja figur, kader, baik pada tingkatan atas yang menjadi simbol partai maupun pada tingkatan calong legislatif (caleg) di akar rumput,” ujar Arvan.

Selanjutnya, Arvan menjelaskan figur elite Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat lewat berbagai aksi dan programnya serta mampu menjawab sejumlah kritikan dengan kerja nyata sehingga mampu meningkatkan elektabilitas terhadap PDIP.

Selanjutnya di posisi kedua terdapat Partai Gerindra. Arvan mengatakan, partai pimpinan Prabowo Subianto itu mengantongi elektabilitas 17 persen, kemudian disusul Partai Golkar di posisi ketiga dengan 7,2 persen.

“Gerindra dan Golkar dianggap memiliki visi, misi, dan program yang bagus atau sebesar 26,5 persen,” ujarnya.

Di posisi keempat dan kelima, adalah Partai Demokrat dan PKB dengan elektabilitas masing-masing 5,3 persen. Ia mengatakan bahwa Partai Demokrat dipilih karena pemilih suka dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan PKB dipilih karena dianggap mewakili kepentingan umat Islam.

Elektabilitas parpol lainnya adalah Partai NasDem (3,3 persen), PKS (3 persen), PAN (2,9 persen), PPP (2,8 persen), PBB (2,5 persen), Hanura (1,9 persen), Partai Perindo (1,5 persen), PSI (1,2 persen), PKPI (0,8 persen), Partai Berkarya (0,5 persen), dan Partai Garuda (0,4 persen).

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia yang telah memiliki hak pilih dengan teknik “multistage random sampling”. “Margin of error” survei tersebut diperkirakan kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan pengumpulan data lapangan dilakukan pada pekan keempat Desember 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *