Reuni 212 Selesai, Para Peserta Menepati Janji Membersihkan Sampah Di Kawasan Monas

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Reuni 212 ditutup dengan beberapa pesan dari para tokoh-tokohnya dan doa bersama. Ribuan peserta yang hadir pada kegiatan yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Minggu (2/12), langsung berbondong-bondong pulang kembali ke tempat asal masing-masing.

Namun, sebelum mereka benar-benar meninggalkan Monas, peserta terlebih dulu mengumpulkan sampah yang ada disekitarnya.

Massa 212 ikut membersihkan sampah di kawan Monas (Foto/IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Beberapa kelompok terlihat memungut sampah sisa makanan dengan tangannya. Sebagian lagi menggunakan sapu dan beberapa alat lainnya untuk mengangkat sampah-sampah tersebut.

Beberapa petugas kebersihan dari Unit Pengelola Teknis (UPT) terlihat berbaur dengan relawan dan peserta Reuni 212. Mereka terlihat bahu-membahu menyelesaikan tugasnya agar Monas kembali bersih.

Massa ada yang langsung keluar dari pintu IRTI Monas, ada pula dari yang menggunakan pintu di dekat Stasiun Gambir. Meskipun demikian, masih ada massa yang belum beranjak dari lokasi karena menunggu teman-temannya.

Massa Aksi memadati kawasan Jl. Kebon Sirih usai mengikuti aksi Reuni 212, Jakarta, Minggu (02/12). (Foto/tirto.id/Andrey Gromico)

“Masih menunggu teman dulu kang. Pada mencar-mencar,” ucap salah satu peserta reuni.

Mereka juga ada yang masih menyantap makanan. Sembari menunggu waktu salat Zuhur, baru beranjak pulang.

Diketahui, sejumlah tokoh sempat memberikan orasinya. Di antaranya Capres Prabowo Subianto, kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta beberapa tokoh yang sempat mendukung aksi 212.

Aksi simpati yang dilakukan oleh peserta Reuni 212 ini bukan yang pertama kalinya mereka lakukan. Sebelumnya, pada aksi bela Islam satu tahun lalu, peserta juga mengumpulkan sampah yang sudah digunakan setelah acara selesai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *