Jalur Gilimanuk-Denpasar Nyaris Lumpuh Pasca Banjir Bandang

Antar Daerah157 views

Inionline.Id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jembrana, Bali, mengakibatkan Belabar Ageng atau banjir bandang di kawasan tersebut.

Banjir bandang terjadi pada minggu dinihari di Desa Yehembang Kangin, Desa Yehembang, Desa Yehembang Kauh dan Desa Penyaringan, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.

Akibat banjir bandang tersebut dua jembatan antar desa putus, masing-masing jembatan yang menghubungkan Desa Penyaringan dengan Kelurahan Tegalcangkring, Mendoyo putus total dan jembatan gantung yang menghubungkan Banjar Tegak Gede dengan Banjar Sumbul, Desa Yehembang Kangin juga putus total.

Tetapi jembatan utama di jalan nasional Denpasar-Gilimanuk, tepatnya Jembatan Bilukpoh, Kelurahan Tegalcangkring, Mendoyo tertutup pohon-pohon besar yang terseret oleh banjir bandang tersebut.

“Jembatan utama tidak ambrol tapi tertutup dahan-dahan kayu yang besar dan kayu. Pengalihan lalu lintas diarahkan ke jalur Singaraja, sampai nanti bisa dibukanya akses jalan nasional ini kita bisa melakukan pembersihan di sini” kata Kepala BPBD Jembrana, Eko Susila.

Eko menambahkan, tidak ada korban jiwa pada peristiwa banjir bandang tersebut.  Tetapi ada puluhan kendaraan yang hanyut terbawa arus banjir bandang.

“Kurang lebih puluhan sepeda motor hanyut, tapi tidak hanyut hilang, hanyut di rumah warga. Banjir bandang ini selain terjadi di jembatan juga terdampak di rumah warga. Di barat jembatan ada 28, di timur jembatan ada 34” ujarnya.

Hingga kini pihaknya bersama tim gabungan dari Basarnas, Kodim, Polres Jembrana-Polda Bali bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Sosial masih bekerja untuk melakukan pembersihan. Ada sekitar 5 alat berat yang dikerahkan.

“Kemudian pihak ketiga pengusaha-pengusaha turut serta menghadirkan becho, loader, kemudian dari PU Provinsi Balai Jalan juga hadir dengan alat beratnya, jadi kita mengerahkan 5 unit alat berat. Tidak ada korban jiwa hanya ada korban material” kata Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *