Festival Dana Desa Semarang Diikuti 208 Pemerintah Desa

Semarang, Inionline.Id – Acara bertajuk Festival Dana Desa Tahun 2018, akan digelar di GOR Tenis Indoor Kompleks GOR Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (27/12) esok. Hadir sebanyak 208 pemerintah desa (pemdes) yang menjadikan festival ini sebagai bagian dari bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas pemanfaatan serta penggunaan Dana Desa, yang selama ini dikucurkan oleh Pemerintah Pusat melalui desa.

“Dalam festival ini, masing-masing pemdes akan menampilkan transparansi pelaporan serta hasil- hasil pembangunan yang telah diwujudkan masing- masing pemdes,” ungkap Ketua Panitia Festival Dana Desa Tahun 2018 Kabupaten Semarang, Dimas Prayitno Putra.

“Sistem pertanggungjawaban melalui Festival Dana Desa ini dipandang penting agar masyarakat mengetahui serta memahami tatakelola dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dari berbagai sumber” lanjutnya.

Seperti diketahui, selain dana perimbangan yang meliputi Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) postur transfer keuangan Pusat ke daerah salah satu di antaranya adalah Dana Desa.

Selain itu juga menerima anggaran dari pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten. Dana ini dikelola seefektif mungkin dalam memberdayakan masyarakat desa, baik dari segi infrastruktur dan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati dan Wakil Bupati Semarang, serta anggota Forkompimda Kabupaten Semarang pun akan hadir sebagai narasumber. Lalu hadir pula budayawan Sujiwo Tejo untuk menjadi penampil di festival ini. “Beliau cukup konsisten mengawal suara rakyat. Dan harapannya, Mbah Tejo bisa memberikan masukan bagi kita semua, tentang bagaimana kedepan mengelola Dana Desa yang efektif dan efisien,” kata Dimas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *