Fadli Zon Menilai Upaya Pemerintah Mendorong Pemberantasan Korupsi Indonesia Stagnan

Inionline.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai upaya pemerintah mendorong pemberantasan korupsi Indonesia stagnan atau jalan di tempat. Bahkan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah mendukung pemberantasan korupsi bisa dikatakan masih artifisial.

Sebagai Presiden Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) Fadli Zon mengatakan berdasarkan data indeks persepsi korupsi Transparansi Internasional, pada 2017 Indonesia berada di peringkat ke-96 dengan skor 37.

“Skor tersebut sama dengan skor di 2016. Ironisnya, selain tak ada peningkatan skor, justru secara peringkat Indonesia turun dari 90 di 2016 menjadi 96 di 2017. Dari sini saja kita bisa melihat kinerja pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi jalan ditempat, bahkan tertinggal,” kata Fadli Zon dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/12/2018).

Menurut Fadli Zon Data tersebut mematahkan euphoria terhadap peningkatan jumlah operasi tangkap tangan (OTT) dimana sejak awal 2018 hingga saat ini tercatat sudah ada 37 OTT.

Minimnya upaya pembenahan pemberantasan korupsi, diperburuk dengan lemahnya komitmen pemerintah terhadap pencegahan korupsi di tubuhnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *