Daging Merah dapat sebabkan potensi Penyakit Jantung

Kesehatan157 views

Inionline.id – Penelitian terbaru menemukan lebih banyak bukti mengapa mengonsumsi daging merah bisa menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung. Salah satu penyebabnya adalah senyawa kimia yang disebut TMAO.

Dalam dua penelitian terbaru disebutkan, orang yang makan daging merah—tapi tidak vegetarian atau bukan orang yang hanya makan daging putih seperti ayam—menghasilkan TMAO yang lebih tinggi di dalam tubuh mereka. Senyawa ini akan berhenti diproduksi sekitar sebualn setelah mereka berhenti makan daging merah.

TMAO atau trimethylamine N-oxide dibuat bakteri usus saat mereka mencerna makanan. Daging merah menyebabkan kuman usus ini menghasilkan lebih banyak TMAO. Spesies tertentu bakteri ini menghasilkan TMAO ketika mereka memetabolisme kolin, lesitin dan karnitin—yang semuanya terkandung dalam daging merah, produk susu dan telur penuh lemak.

“Studi-studi ini benar-benar menunjukkan apa dampak besar diet yang kaya akan daging merah pada metabolisme Anda. Salah satu temuan kami yang paling mengejutkan adalah bahwa pola makan kaya daging merah benar-benar mengubah fungsi ginjal. Kami melihat bahwa ginjal diatur oleh diet kronis. Ini adalah sesuatu yang, sejauh yang saya ketahui, belum pernah ditampilkan sebelumnya,” papar Dr Stanley Hazen dari Klinik Cleveland, yang telah mempelajari efek TMAO pada penyakit jantung kepada NBC News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *