44 Medali Emas Raihan Kontingen Indonesia Pada ASEAN University Games 2018

Inionline.Id – Kontingen atlet mahasiswa Indonesia total meraih 44 medali emas, 39 medali perak dan 30 medali perunggu dalam ajang ASEAN University Games 2018 yang berlangsung di Naypyidaw, Myanmar.

Kejuaraan olahraga tingkat mahasiswa se-Asia tenggara ini mempertandingkan 17 cabang olahraga. Para peserta memperebukan total 1.897 medali, yang terdiri dari 587 emas, 587 perak, dan 723 perungu. Sebanyak 201 kompetisi dan diikuti sebanyak 2.078 atlet, pelatih, dan manajer dari negara-negara anggota ASEAN. ASEAN University Games ke 19 ini berlangsung di Gedung Wunna Theikdi Sports Complex Indoor, Kota Naypyidaw , Myanmar.

Ajang ini diikuti oleh tim atlet mahasiswa Indonesia yang didampingi Direktur kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Keseluruhan tim dari Indonesia dalam kejuaraan olahraga ini membawa rombongan atlet mahasiswa, pelatih dan official pendamping sebanyak 192 orang. Indonesia mengikuti 13 dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof Ismunandar menyampaikan rasa bangga atas raihan tersebut.

“Kemenristekdikti mengapresiasi dan bangga atas prestasi yang telah diraih para mahasiswa Indonesia dalam ajang ini hingga berhasil mencapai predikat juara kedua. Capaian ini berarti meningkat dari AUG tahun sebelumnya yang menjadi peringkat ketiga,” kata Ismunandar.

ASEAN University Games adalah ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN, diselenggarakan oleh anggota Dewan Olahraga Universitas ASEAN.

Ajang ini diselenggarakan dengan tujuan untuk semakin mempererat solidaritas antar negara ASEAN melalui olahraga di Perguruan Tinggi dan untuk memberikan kesempatan bagi atlet di perguruan tinggi untuk berinteraksi dan terlibat dalam pertukaran budaya negara-negara ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *