Ribuan Siswa SMA/SMK Ikuti Perkemahan Rohis Nasional di Bangka Belitung

Belitung, inionline.id – Kementerian Agama kembali menggelar Perkemahan Rohis (Kerohanian Islam) Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018. Total ada 1.153 siswa yang ikut dalam perkemahan yang berlangsung di di Bumi Perkemahan Juru Seberang Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 5 – 10 November 2018.

“Kemah kali ini diikuti 1.153 siswa SMA/SMK perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia,” jelas Direktur Pendidikan Agama ISlam Rohmat Mulyana Sapdi, di Belitung, Senin (05/11).

Menurutnya, Perkemahan Rohis akan dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin pada 6 November 2018. Mengambil tema “Berbagi di Bumi Laskar Pelangi”, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Kemenag untuk terus menjaga moderasi Islam di Indonesia dan keutuhan NKRI.

“Perkemahan ini bukan perkemahan biasa, tetapi mengandung misi strategis  menyalurkan ide-ide moderasi Islam ke kalangan pegiat Rohis di sekolah-sekolah guna menangkal kemungkinan penyebaran paham radikalisme di lingkungan sekolah” kata Rohmat.

Perkemahan Rohis ini merupakan kegiatan rutin yang  menyasar para pegiat kerohanian Islam. “Perkemahan ini diproyeksikan menjadi ajang deradikalisasi di kalangan pegiat Rohis,” ujar Rohmat.

Pada pelaksanaan Perkemahan Rohis Nasional, para peserta tidak dibagi berdasarkan provinsi. Mereka dibiarkan berbaur agar saling mengenal antardaerah satu provinsi dengan provinsi lainnya, berdiskusi, dan berbagi informasi satu sama lain. Hanya saja untuk siswa laki-laki dan perempuan tetap terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *