Pipa PDAM Tirtawening Bandung Pecah, Ratusan Ribu Sambungan Langganan Terganggu

Inionline.id – Pipa transmisi Cisangkuy milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung pecah pada Minggu (25/11) sekitar pukul 03.30 WIB. Hal ini mengakibatkan ratusan ribu sambungan langganan (SL) mengalami gangguan pasokan air.

Jumlah pelanggan tersebut terdiri dari 41.820 SL Wilayah Barat dan 61.749 SL Wilayah Timur. Demikian diungkapkan Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi.

“Mengenai penyebab terjadinya pipa pecah, saat ini kami masih menyelidikinya,” ujar Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (25/11).

Sonny mengatakan, pipa yang pecah itu berjenis DCIP (Ductile Cast Iron Pipe) dengan diameter 850 Mm berlokasi di RT 01/12 Desa Margahurip, Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, Km 6. Pecahnya saluran air di dekat permukiman warga membuat sekitar empat rumah terendam air disertai lumpur, bahkan kebun halaman milik warga rusak.

Sonny menambahkan, pipa tersebut telah berumur 28 tahun dengan pemasangan pertama kali dilakukan pada tahun 1990. Pipa jalur Cisangkuy Baru ini merupakan penghantar air baku dari Cikalong ke Instalasi Pengolahan Air Badaksinga.

Ilustrasi pembagian air bersih (Foto/Antara/Fahrul Jayadiputra)

“Kapasitasnya sekitar 725 liter per detik. Meskipun secara manual book kapasitas desain pipa transmisi tersebut adalah kurang lebih 800 liter per detik,” kata Sonny.

Sonny menjelaskan berkaitan hal tersebut pihaknya telah mempersiapkan debit air tambahan sekitar 275 liter per detik. Penambahan tersebut bersumber dari Intake Dago Bengkok berkapasitas 150 liter per detik dan Intake Sabuga 125 liter per detik.

Menurutnya, PDAM Tirtawening saat ini sedang mengupayakan penggantian pipa dan penggantian air baku dengan memanfaatkan Sungai Cikapundung.

Atas ketidaknyamanan tersebut, PDAM Tirtawening Kota Bandung menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada sebagian pelanggan yang aliran airnya terganggu.

“Bagi para pelanggan yang memerlukan pelayanan air tangki PDAM Tirtawening Kota Bandung kami sudah menyediakan 13 unit mobil tangki yang akan menjangkau daerah-daerah yang mengalami gangguan. Pelanggan dapat memesannya secara kolektif dengan dikoordinir oleh pengurus RW setempat,” jelasnya.

Untuk mendapatkan pelayanan itu, para pelanggan yang terganggu dapat menghubungi Kantor Pelayanan Air Tangki Jalan Surapati no.67. Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *