Satu Jemaah Haji Pasca Rawat di RSAS Dipulangkan ke Indonesia

Jakarta, inionline.id – Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pasca Operasional Haji, dr. Husain melaporkan bahwa ada satu jemaah haji sakit yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Makkah dipulangkan ke Indonesia.
”Ada satu orang jemaah dari Kloter UPG 08 yang dipulangkan ke Tanah Air pada 16 Oktober 2018 jam 21.30 WAS. Ia dirawat di RS Al-Noer. Jemaah telah dirawat selama 61 hari sejak mmasuk RSAS 17 Agustus 2018,” kata dr. Husain.
Hingga 16 Oktober 2018 ada 12 jemaah yang masih dirawat di RS Arab Saudi, yaitu 7 jemaah di Makkah, 4 jemaah di Madinah dan 1 jemaah dirawat di Jeddah.
PPIH Pasca Operasional Haji sebelumnya bertemu Konsul Jenderal (Konjen) RI sesaat setelah tiba di Arab Saudi untuk melaporkan kehadiran tim.
Menurut dr. Husain, Konjen memberi arahan agar PPIH bisa membantu jemaah haji yang dirawat agar bisa dibawa pulang ke Indonesia. PPIH Pasca Operasional Haji bertugas melakukan visitasi ke jemaah haji sakit di RS Arab Saudi untuk memberikan support mental, support nutrisi dan meyakinkan jemaah bahwa mereka tidak sendirian di rumah sakit, masih ada orang Indonesia yang selalu mengunjungi mereka.
Di samping bertemu Konjen, PPIH juga sempat bertemu dengan perwakilan Kantor Urusan Haji (KUH) di Arab Saudi.
Selain itu PPIH berkoordinasi dengan dokter yang merawat jemaah untuk bertukar pikiran mengenai penanganan yang diberikan kepada jemaah agar bisa mempercepat proses penyembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *