Playstation 2 (PS2) Resmi Di Tutup

IniOnline.id – Perusahaan elektronik Sony telah menutup layanan perbaikan untuk PlayStation 2 besutannya, lebih dari 18 tahun setelah kelahiran konsol tersebut.

Walaupun game-gamenya sudah tidak pernah rilis lagi semenjak 2014 dengan game terakhirnya yaitu Pro Evolution Soccer 2014 serta konsolnya sendiri sudah tidak diproduksi sejak 2012.

Setelah dipasarkan di Jepang, PlayStation 2 juga diluncurkan di Amerika Utara, Uni Eropa, juga Australia. Hingga 31 Maret 2012 lalu, PlayStation 2 terjual sekitar 155 juta unit, menjadi konsol gim yang terjual paling banyak hingga sekarang. Pada 2012 lalu, Sony resmi menghentikan produksi PlayStation 2. Setelah 12 tahun beredar di pasaran, kejayaan PlayStation 2 dianggap telah lama berakhir. Selain itu, perubahan kondisi pasar juga menjadi salah satu penyebabnya.

“Saat ini ponsel pintar, tablet, komputer, dan smart tv mempunyai desain luar biasa, termasuk fitur dan kontennya, dan akan jauh lebih sulit untuk terlihat menonjol jika orang lain terlihat keren,” ujar Tom Bramwell, editor Eurogamer,

Yang menarik, di tengah ganasnya terjangan barang-barang elektronik yang super canggih itu, Sony ternyata tetap berusaha menjaga kehidupan PlayStation 2. Agar tidak mengecewakan para penggemarnya, mereka masih menyediakan layanan perbaikan resmi PlayStation 2.

Sayangnya, hal tersebut ternyata hanya bertahan selama 6 tahun. karena semakin langkanya onderdil, Sony akhirnya memutuskan untuk menghentikan pelayanan perbaikan tersebut. PlayStation 2 pun akan segera menjadi barang antik.

Tepatnya pada 31 Agustus 2018 kemarin, Sony mengumumkan bahwa para pengguna PS2 perlu mengisi online form untuk menginfokan apakah mereka mau memperbaiki konsolnya untuk terakhir kali. Ya, Sony akan menutup jasa perbaikan per September ini. Untuk di prefektur Iwate, Jepang sana, 7 September mereka sudah tidak melayani lagi. Itu berarti PS2 sudah benar-benar tamat karena jika sakit sudah tak bisa disembuhkan lagi, kecuali oleh jasa perbaikan lokal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *