Peduli Lombok, Unhan Datangi Lokasi Gempa

Nasional257 views

Bogor – Bhakti Sosial Universitas Pertahanan (Unhan) merajuk tema “Peduli Korban Gempa Bumi Lombok” dipimpin langsung Dekan Fakultas Keamanan Nasional Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, ST, M.MT., didampingi Guru Besar Unhan Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si., serta perwakilan mahasiswa Unhan dari Prodi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional, selama lima hari terhitung sejak 10 hingga 14 September 2018.

Bakti sosial yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan aksi penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi Lombok yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Unhan. Pelaksanaan bhakti sosial terdiri dari serangkaian kegiatan diantaranya kunjungan ke Markas Lumbung Pangan, Markas Komando Satuan Tugas Gabungan Terpadu (Makosatgasgabpad), serta Kantor BMKG Provinsi NTB disertai penyerahan bantuan dari Unhan kepada masyarakat pada beberapa desa yang terkena dampak bencana di Lombok.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Markas Lumbung Pangan (Lumpang), Lumpang sendiri merupakan kelompok relawan yang aktif terlibat dalam pemberian bantuan dan pelatihan rehabilitasi ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Markas Komando Satuan Tugas Gabungan Terpadu (Makosatgasgabpad) yang dipimpin oleh Mayor Jendral TNI Madsuni, SE. Dalam kegiatan tersebut rombongan Unhan menerima penjelasan dari Asisten Operasi (Asops) penanganan gempa Lombok. Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan tentang penanganan gempa bumi Lombok. Turut hadir dikegiatan Unhan peduli Lombok diantaranya Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Tavip Joko Prahoro, SE, MM.

” Membangun suatu bangsa tentu tak bisa sendiri perlu kerja bersama antar elemen, begitupun memulihkan kembali Lombok yang porak poranda karena guncangan gempa. Maka saya bersama tim terjun langsung bersama elemen lainnya untuk sedikit meringankan beban saudara kita di Lombok “, kata Dekan Fakultas Keamanan Nasional Laksda TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, ST, M.MT., usai memberikan bantuan di Desa Pringgabaya dan Desa Sembalia.

Kegiatan dilanjutkan mengunjungi Kantor BMKG Provinsi NTB dan kunjungan ke Desa Malimbau Kabupaten Lombok Utara untuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat setempat. Kegiatan yang dilakukan Unhan ini diharapkan mampu memberikan dukungan moril dan memberikan semangat agar segera bangkit dan pulih.

” Kami sangat berharap bantuan kecil ini bisa memberi dukungan moril dan memberikan semangat kembali untuk warga Lombok sehingga perekonomian Lombok cepat pulih kami pun berharap warga Lombok bisa cepat pulih dari taruma bencana serta memberikan pembelajaran juga manfaat bagi kami dan rombongan tentang bagaimana pemulihan wilayah pasca dihantam bencana “, harapnya (*)

Foto/dok.Unhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *