RESES ANGGOTA DPRD KAB. BOGOR DI DAPIL V MINIM PERHATIAN WARGA DAN PEMERINTAH DESA

BOGOR, inionline.id – Pelaksanaan reses masa sidang ke dua tahun 2018 DPRD Kabupaten Bogor mulai dilaksanakan di beberapa wilayah di bumi tegar beriman. Rese yang merupakan kewajiban para wakil rakyat untuk menemui konstituen pemilih tersebut, nampak mulai minim respon dan perhatian dari warga dan aparatur pemerintah desa (Pemdes).

Seperti pelaksanaan reses anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Daerah Pemilihan (Dapil) V yang dilaksanakan di aula pertemuan Kecamatan Rumpin, Kamis (30/8/2018) yang hanya diikuti beberapa perwakilan warga serta pemerintah desa.

“Kami sudah memberikan undangan kepada semua Kepala Desa, Ketua LPM, Ketua BPD dan berbagai lapisan masyarakat. Namun dari 14 Kepala Desa di wilayah Rumpin, yang hadir cuma 3 orang Kepala Desa,” ungkap Sekcam Rumpin Kurnia Indra kepada sejumblah wartawan, Kamis (30/8/2018).

Sekcam Rumpin menambahkan, sebetulnya dalam reses bisa dimunculkan aspirasi yang memang diinginkan warga dan Pemdes agar diketahui secara langsung oleh para wakil rakyat.

“Ini kan saluran aspirasi yang baik, ruang aspirasi publik. Agar setiap permasalahan bisa diketahui dan bersama – sama dicarikan solusinya. Peran serta aktif masyarakat sangat diperlukan.” jelasnya.

Anggota DPRD Yusef dalam reses tersebut menyampaikan, bahwa kinerja anggota legislatif dari dapil 5 sudah berusaha semaksimal mungkin memperjuangkan berbagai aspirasi warga. Bahkan dirinya mengaku, seringkali adu argumentasi yang keras dengan pihak eksekutif untuk memperjuangkan aspirasi warga.

“Saya sendiri terutama sangat konsen di masalah infrastruktur. Hasilnya tentu bisa dilihat bersama. Meski belum seluruhnya dapat diperbaiki, tapi perbaikan infrastruktur sudah dirasakan di beberapa titik.” Ungkapnya.

Sementara E.Jurjani menyoroti kasus minimnya sarana dan prasarana pendidikan di wilayah Kecamatan Rumpin khususnya. Dia mengatakan, kasus SDN Kertajaya 2 yang tidak memiliki MCK dan beberapa ruang kelas tidak memiliki meja kursi menjadi contoh yang memprihatinkan.

“Arus segera ada pembenahan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan oleh Disdik Kabupaten Bogor.” Tegasnya.

Pantauan, inionline.id, kegiatan reses nampak dihadiri 3 anggota DPRD Kabupaten Bogor, dari Dapil 5 yaitu Yusef dan E. Jurjani dari Partai Golkar dan Permadi dari PAN. Beberapa perwakilan warga dan lembaga tingkat desa banyak mengajukan pertanyaan terkait permasalahan sosial di masyarakat Rumpin seperti pertambangan, kesehatan, ekonomi. (MUL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *