Pelantikan Agus Gumiwang Sebagai Menteri Sosial

IniOnline.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri. Pelantikan Agus sebagai mensos digelar di Istana Negara, Jakarta pada Jumat (24/8/2018) sore.

Pelantikan Agus ini berdasarkan Keppres nomor 148p tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019.

Agus Gumiwang akan menggantikan Idrus Marham yang kabarnya terjerat kasus dugaan kasus suap kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

Pelantikan dihadiri beberapa menteri yaitu Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Mensesneg Pratikno, dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, dan Menteri Kesehatan Nila F Moelok.

Agus Gumiwang Kartasasmita juga sudah hadir di lokasi dan mengikuti gladi bersih pelantikan.

Idrus menjelaskan, ia mundur karena ada kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyeret namanya.

“Saya menghormati (KPK). Saya dipanggil saya datang. Karena kita ini, harus memberi contoh pada rakyat saya siap hadapi semua. Apapun tuduhan-tuduhan, kita serahkan ke KPK. Kita hormati KPK,” ungkap Idrus Marham.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *