Menhub Pastikan Dua Hal Keselamatan Pelayaran Saat Mengunjungi Dermaga Kali Adem

Jakarta, IniOnline.id – Dalam rangka masa libur lebaran, banyak masyarakat yang akan berwisata dengan menggunakan kapal laut. Melihat hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkunjung ke Dermaga Kali Adem untuk memastikan dua hal keselamatan pelayaran yang harus dipenuhi yaitu pemakaian life jacket dan kapasitas penumpang dalam kapal.

“Hari ini saya memastikan bahwa keselamatan itu harus menjadi satu yang utama. Yang paling sederhana adalah dua, pertama kapasitas, yang kedua adalah life jacket,” ujar Menhub di Dermaga Kali Adem. Pelabuhan Muara Angke pada Minggu (17/6).

Lebih lanjut Menhub mengimbau Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke untuk memperhatikan kapasitas penumpang dalam kapal. Menhub meminta kapasitas kapal tidak berlebihan (over).

“Jadi kalau kapasitas lebih harus ada yang diturunkan, yang kedua kalau kurang life jacketnya diturunkan juga. Keselamatan itu adalah keharusan, para operator, syahbandar dan pengelola pelabuhan harus taat pada SOP (Standard Operational Procedure),” urai Menhub.

Menhub juga akan menambahkan personil yang akan ditempatkan di Dermaga Kali Adem untuk membantu mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Saya akan minta Dirjen Perhubungan Laut untuk menambahkan personil Basarnas disini. Kedua kita akan siapkan kapal-kapal cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. karena satu hari disini mencapai 4 ribu penumpang yang jalan ke pulau-pulau dengan menggunakan kapal,” terang Menhub.

Terkait fasilitas pelabuhan, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. “Saya akan koordinasi dengan Pemda DKI karena ini kapasitas mereka. Saya akan usulkan kepada Pemda DKI untuk diperbesar pelabuhannya karena khususnya pada saat lebaran dan Sabtu-Minggu ini penumpangnya banyak,” ujar Menhub. (Dephub/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *