DPAPMK Kota Depok Menjadi Garda Terdepan Dalam Pembentukan Kelompok Kegiatan PKDRT

Headline057 views

depok, IniOnline.id –  Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok terus menjadi garda terdepan dalam pembentukan Kelompok Kegiatan (Poktan) Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) tingkat kelurahan maupun tingkat RW. Sebagai langkah awal, DPAPMK akan mengadakan roadshow ke kelurahan guna membekali tim yang tergabung dalam Poktan PKDRT tersebut.

“Tim tersebut akan memberi konsultasi pada masyarakat yang membutuhkan dalam meminimalisir kasus kekerasan yang kadang berujung pada perceraian,” ujar Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DPAPMK Kota Depok, Nancy Olivia Rossa, Jumat (18/05/2018).

Ditambahkannya, keterampilan konsultasi ini sangat dibutuhkan bagi para Poktan PKDRT, agar ketika ada masyarakat yang konsultasi bisa tertangani kasusnya. Tentunya dengan pendekatan yang tepat.

Selain itu, katanya, Poktan PKDRT khususnya di tingkat RW ini juga akan akan mendata masing-masing keluarga di wilayahnya yang tercatat rentan. Baik rentan dari sisi ekonomi atau pun dari harmonisasi suami dan istri.

“Jadi kalau ada keluarga yang rentan ekonomi bisa saja dibekali dengan keterampilan oleh kami, sedangkan kalau masalah harmonisasi kita akan lihat apakah perlu tim Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) untuk turun ke sana. Kalau hanya bisa ditangani oleh Poktan KDRT, ya bagus sekali,” tutupnya. (ery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *