Tingkatkan Kerja Sama Antar Kawasan Melalui Kunjungan Duta Besar

IniOnline.id – Direktorat Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung telah menyelenggarakan kegiatan “Familiarization Trip for Ambassadors of Middle East and North African Countries” berupa kunjungan Duta Besar negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara ke Provinsi Lampung, pada 5-7 Maret 2018.

Dalam Familiarization Trip ini diikuti oleh Duta Besar Maroko, Duta Besar Lebanon, Wakil Duta Besar Yaman, Wakil Duta Besar Saudi Arabia, Wakil Duta Besar Kuwait, di Jakarta. Sementara dari Kementerian Luar Negeri RI diwakili oleh Direktur Timur Tengah dan Duta Besar Nurul Aulia.

Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung yang mewakili Gubernur Provinsi Lampung, bersama jajaran pejabat di lingkungan Provinsi Lampung menerima para Duta Besar dan Wakil Duta Besar di Pendopo Provinsi. Paparan mengenai latar belakang serta peluang investasi, ekonomi dan pariwisata Lampung diperlihatkan agar para Duta Besar dan Wakil Duta Besar mengenal besarnya potensi provinsi yang dijuluki ‘treasure of Sumatera’ itu.

“Kami mengajak para Duta Besar dan Wakil Duta Besar untuk meningkatkan kerja sama di sektor-sektor strategis provinsi Lampung” ucap Plt. Sekda Provinsi Lampung usai menutup paparannya.

Potensi ekonomi, investasi dan pariwisata yang dimiliki oleh provinsi Lampung memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan penduduk berjumlah 8,3 juta jiwa, menjadikan Lampung sebagai provinsi dengan tenaga produktif terbesar kedua di pulau Sumatera.

Produk pertanian, baik dalam skala nasional dan internasional, antara lain Lampung sebagai sentra padi dengan produksi sebesar 4,3 juta ton, menjadikan provinsi ini sebagai lumbung pangan nasional. Selain itu, Lampung merupakan penghasil ubi kayu terbesar di Indonesia, serta menyumbang 26% produksi kopi robusta nasional. Hasil pertanian dan perkebunan lain yang menjadi andalan provinsi Lampung adalah kakao, lada, jagung, sawit, pisang dan nanas.

Dubes Nurul Aulia yang mewakili Kemlu dalam acara di Pendopo Provinsi menyatakan bahwa kegiatan Familiarization Trip ini merupakan jembatan untuk mengenalkan berbagai potensi di Indonesia sekaligus mendorong perdagangan antar dua kawasan, “setelah Lombok, kali ini kami ingin mengenalkan provinsi Lampung, karena melihat sekali itu lebih baik dibanding mendengar seribu kali” ungkap Dubes Nurul Aulia.

Sementara Dubes Maroko untuk Indonesia, Y.M. Ouadia Benabdellah, mewakili para Duta Besar dan Wakil Duta Besar yang hadir di Lampung menyampaikan apresiasinya karena telah disambut secara hangat di Lampung.

“Setelah mendengar langsung potensi yang dimiliki Lampung, saya yakin bahwa para Duta Besar dan Wakil Duta Besar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan peluang kerja sama sesuai dengan fokus masing-masing negara” ucap Duta Besar Benabdellah.

Pada kegiatan field trip yang berlangsung pada 6 Maret 2018, para Duta Besar berkesempatan mengunjungi ke PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco), Bumi Sari, Natar Lampung Selatan, dan mendengarkan paparan proses produksi produk Wong Coco dari pihak manajemen PT. Keong Nusantara Abadi (Wong Coco). Selanjutnya para Duta Besar juga mengunjungi ke PT. Great Giant Pineapple Plantation, Terbanggi Besar, Kab. Lampung Tengah serta mengunjungi PT. Nestle Indonesia (NESCAFE), Panjang, Kotamadya Bandar Lampung.

Selain itu, para Duta Besar dan Wakil Duta Besar Negara-Negara Timur Tengah dan Afrika Utara juga berkesempatan untuk bersilaturahim ke Pondok Pesantren Minhadlul Ulum, Tegineneng, Kab. Lampung Selatan. Kedatangan rombongan disambut dengan hangat oleh para pengurus dan santri pondok pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1999 tersebut.

Di Pesantren Minhadlul Ulum, Direktur Timur Tengah Kemlu RI, Sunarko, menyampaikan bahwa “kerja sama antara Indonesia dan kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara tidak hanya berupa kerja sama government to government dan business to business saja, namun juga people to people”

Menutup rangkaian Familiarization Trip di Lampung, para Duta Besar dan Wakil Duta Besar negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara yang hadir merasa terkesan dengan keindahan alam serta potensi ekonomi dan investasi yang dimiliki Lampung. Mereka merasa positif untuk mendorong Pemerintah di masing-masing negara untuk meningkatkan kehadirannya di Provinsi Lampung melalui kerja sama investasi, perdagangan dan pariwisata. (kemenlu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *