Kementrian PUPR Akan Membantu Pemerintah Kota Tangsel Untuk Membangun Rusunawa

Jakarta, InIonline.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membantu pemerintah kota Tangerang Selatan untuk membangun rumah susun sewa (Rusunawa) untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di daerah tersebut. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pegawai di Pemkot Tangsel belum memiliki rumah sendiri.

“Kami sangat mendukung langkah Pemkot Tangsel yang telah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan Rusunawa untuk ASN nya. Kami siap membantu pembangunan Rusunawa jika hasil monitoring di lapangan memang telah memenuhi syarat,”ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat menerima audiensi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Khalawi menambahkan, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah untuk membangun hunian untuk masyarakat secara vertikal. Sebab, kebutuhan akan hunian bagi masyarakat terus meningkat sedangkan luasan tanah yang ada tidak bertambah.

Kementerian PUPR, imbuh Khalawi, membangun Rusunawa tidak hanya untuk ASN saja, akan tetapi Rusunawa tersebut juga diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, para santri di pondok pesantren, pekerja di kawasan industri, serta mahasiswa di perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini kami berupaya membangun Rusunawa setara kualitas apartemen. Mulai dari kualitas bangunan, lantai hingga meubelair, listrik dan air sudah lengkap. Jadi masyarakat bisa tinggal dengan aman dan nyaman,”terangnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk program pembangunan Rusunawa untuk ASN Pemkot Tangsel. Untuk merealisasikan hal tersebut, Pemkot Tangsel telah menyediakan lahan seluas empat hektar untuk lokasi pembangunan Rusunawa ASN tersebut.

“Kami telah menyediakan lahan seluas empat hektar di Kelurahan Rawa Buntu Kecamatan Serpong untuk lokasi Rusunawa. Akan tetapi yang sudah siap bangun baru seluas 1 hektar,”kata Airin.

Berdasarkan data yang dimilikinya, imbuh Airin, dari jumlah pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel sekitar 1.000 orang ternyata masih banyak pegawai yang saat ini belum memiliki rumah.

“Harga tanah di Kota Tangsel setiap tahun terus meningkat. Kami harap Kementerian PUPR bisa membangun Rusunawa dengan ketinggian lantai lebih dari 10 lantai. Jadi daya tampungnya bisa lebih banyak lagi untuk pegawai kami,”harapnya. (pupr/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *