Ratusan Warga Desa Cicadas Demo Pabrik Tekstil Purwakarta

PURWAKARTA, IniOnline.id-Ratusan warga Kampung Ciroyom Desa Cicadas, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, berunjuk rasa di depan PT South Pacific Viscose. Perusahaan tekstil itu diduga kuat telah mencemari lingkungan, Rabu (23)1),

Selain udara yang bau, air di sekitar kampung juga sudah tercemar. Termasuk salahsatu sungai yang berada di dekat perusahaan, Sungai Citarum ikut tercemar.

Warga meminta agar pihak perusahaan segera mengevaluasi sistem pengelolaan limbahnya. Karena, limbah itu berdampak langsung kepada masyarakat.

“Kami meminta perusahaan mengevaluasi ulang sistim pengolahan limbahnya. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, akibatnya akan tidak baik bagi kesehatan Dan masa depan anak-anak kami,” kata salahsatu pengunjuk rasa Yayan Gandi.

Pemberian kompensasi bukan satu-satunya solusi dari perusahaan untuk menyelasikan masalah. Karena itu, warga berharap sistem pengelolaan limbah yang memang harus dibenahi,

“Kami minta perusahaan mengambil langkah konkret untuk memperbaiki pengelolaan limbahnya, baik limbah padat, cair dan gas. Udara sekitar pabrik sudah tercemar, bikin sesak napas,” ujar warga lainnya, Tatang.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Didi Suardi mengatakan, selama ini pihaknya mencatat terdapat beberapa pabrik yang membuang limbahnya ke Sungai Citarum.

“Ya, benar, PT South Pacific Viscose yang didemo warga adalah salahsatu perusahaan yang membuang limbahnya ke sungai,” tandasnya. (Daup H/Dadang N)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *