Kepala BPN Purwakarta Melantik Camat Sebagai PPATS

Purwakarta, IniOnline.id-Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Cabang Purwakarta Elda Juanda SH melantik 5 Camat sebagai Pejabat Pembuat Akte Tanah Sementara (PPATS) wilayah kerjanya. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor BPN Purwakarta pada penghujung tahun 2017 lalu.

Pelantikan disaksikan Bagian Pemerintahan Umum Pemkab Purwakarta Maman, para pejabat struktural di lingkungan Kanator BPN dan Staff. Kelima Camat itu yakni, Camat Bojong Wawan, Camat Cibungur Juanda, Camat Cibatu Diaudin, Camat Pasawahan Harom, dan Camat Sukasari Jaya Pranolo.

Kepala BPN mengatakan, akan selalu berkomunikasi dengan PPATS yang baru saja dilantik. Harapan ada di pundak para camat selaku PPATS karena pada saat ini tanah belum memberikan keadilan. Rasa kenyamanan dalam memiliki lahan, masih menjadi masalah tanpa bukti kepemilikan. Sehingga perlu mengkaji kondisi itu.

“Langkah yang akan diambil adalah menyatukan paradigma yang kita gunakan. Kita harus menyadari bahwa tanah itu adalah karunia Tuhan yang mampu mensejahterakan masyarakat,” kata Elda.

Diharapkan, profesi yang membawa manfaat sebagaimana dinyatakan dalam PP Nomor 37 tahun 1998 tentang peratuaran jabatan PPATS yang diberi kewenangan khusus untuk membuat akta-akta otentik mengenai hak atas tanah atau hak milik.

Dalam prakteknya, pada tahun 2017, target sebanyak 10, 350 yang terdiri dari 10.020 bidang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Prona, 300 bidang PTSL UKM, 30 bidang PTSL Nelayan Budidaya telah diwujudkan.

“Tahun anggaran 2018 BPN mentargetkan 50,075 bidang, yang terdiri 50.000 bidang PTSL Prona, 75 bidang PTSL Nelayan Budidaya,” tandas Kepala Kantor Elda. (Daup/Dadang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *