DPD Partai Berkarya Purwakarta Jalani Verifikasi Faktual

Purwakarta, IniOnline.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Purwakarta mendatangi Sekretariat DPD Partai Berkarya, Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Sindang Kasih, Kecamatan Purwakarta Rabu lalu. Kedatangan penyelenggara pemilu itu dalam rangka verifikasi faktual.

Tiga poin yang menjadi penilaian pokok dalam verifikasi itu, yakni kepengurusan inti, keterwakilan perempuan 30 % dan kepemilikan kantor atau sekretariat. Hasilnya, partai besutan Tommy Suharto itu memuaskan.

Ketua  DPD Partai Berkarya Asep Abdullah mengatakan, proses verifikasi faktual menjadikan partainya lebih percaya diri dan optimis menghadapi pemilu mendatang. Hal itu disebabkan karena prosesnya panjang dan berliku sehingga menjadikan semangat baru bagi seluruh jajaran pengurus, kader dan simpatisan.

“Prosesnya panjang dan berliku, tapi ini menjadi semangat baru bagi seluruh kader partai. Terutama jajaran pengurus dan simpatisan Partai Berkarya di Purwakarta,” kata Asep Abdullah kepada IniOnline.id kemarin.

Diakuinya bahwa perjalanan panjang menuju verifikasi faktual itu bisa lebih mematangkan pengurus dalam memperjuangkan eksistensi partai. “Kita ambil hikmahnya saja, setidaknya Partai semakin populer. Kita optimis bisa meraih kursi legislatif pada pemilu mendatang. Targetnya satu dapil satu perwakilan,” ujar Asep.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Purwakarta RMA Ahmad Said Widodo mengatakan, Partai Berkarya menjadi partai keempat yang menjalani verifikasi faktual. Setelah sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, dan Partai Garuda.

“Kami berkesempatan melakukan verfikasi faktual khusus untuk pengurus dari DPD Partai Berkarya. Insya Allah ini adalah tahapan yang luar biasa dan sangat penting karena kami secara jelas dan nyata melakukan pemeriksaan berkas, terutama untuk kepengurusan partai,” kata Ahmad Said Widodo.

Pemeriksaan berkas lanjutnya, termasuk KTP, KTA, SK Kepengurusan dan juga domisili. “Untuk selanjutnya, KPU akan melakukan verfikasi faktual di lapangan yang khusus ditujukan kepada para anggota di setiap DPC Partai di 17 kecamatan,” lanjutnya.

Verifikasi faktual keanggotaan tersebut, tambah Said, untuk meneliti sekitar 104 anggota dari hasil cuplikan yang dilakukan pihaknya. Yakni berdasarkan data sistem informasi partai politik (sipol) sebanyak 1.047 anggota yang disampaikan atau didaftarkan DPD Partai Berkarya Kabupaten Purwakarta.(Daup H/ Dadang N)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *