Kebersamaan Pak Jokowi dan Pak JK

JAKARTA – Banyak yang terkejut di era pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, akselerasi pembangunan begitu cepat. Banyak pembangunan, terutama infrastruktur yang selesai. Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, kunci dari itu semua, salah satunya adalah duet kepemimpinan yang kompak. Kata dia, duet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden, kompak sekali.

“Pak Jokowi dan JK sangat kompak sekali. Jadi inilah yang orang banyak terkejut, ternyata pembangunan selama tiga tahun ini sudah begitu cepat selesai,” kata Tjahjo saat berbicara di acara seminar bertajuk, ” Gaya Komunikasi Jokowi: Membangun Budaya Dialogis dalam Masyarakat Pluralis, ” di Universitas Kristen Indonesia (UKI), di Jakarta, Senin (11/12).

Tapi yang ia sayangkan, masih saja ada pihak yang tak senang. Banyak kemudian isu menyesatkan yang disebar terutama lewat media sosial. Misalnya, saat Pilgub DKI Jakarta kemarin, Presiden dituding membela bahkan mendukung Basuki Tjahaja Purnama, petahana di pemilihan. Faktanya, Presiden tak pernah ikut campur masalah hukum yang kemudian menjerat Basuki.

“Masyarakat Jakarta itu kan lucu, 78 persen apresiasi kerja Ahok, tapi 66 persen tak mau pilih Ahok,” kata dia.

Belum lagi, soal isu pengaruh Tiongkok yang terus dihembuskan. Isu tersebut terus dimainkan untuk menyudutkan pemerintah, bahwa sekarang Tiongkok tengah mendikte Indonesia. Padahal siapa pun tahu, tidak ada negara yang tak bekerja sama dengan Tiongkok yang secara ekonomi sekarang sedang menggeliat. Negara sekelas Amerika Serikat pun mau tak mau harus bekerja sama. Pun, negara seperti Arab Saudi.

“Mana ada negara yang tidak mau bangun kerja sama dengan Tiongkok? Arab Saudi saja, Amerika Serikat juga bekerja sama. Itulah yg diputarbalikkan di media sosial. Ini saya kira beberapa hal yang harus dicermati,” katanya. (kemendagri/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *