Pemerintah Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta – Realisasi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06% pada kuartal III-2017 menjadi catatan positif bagi pemerintah. Ke depan diperlukan upaya agar momentum pertumbuhan terus berjalan.

“Ini menunjukan sesuatu yang sangat positif. Pemerintah tetap akan menjaga agar momentum itu terus berjalan,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (08/11).

Investasi menjadi sesuatu di luar bayangan Sri Mulyani dengan pertumbuhan di atas 7%. Ini menandakan kondisi iklim usaha yang terus terjaga dengan baik.

Sementara itu, konsumsi pemerintah 3,46%, konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 6,01%, ekspor 17,27% dan impor sebesar 15,09%.

“Dari growth kuartal III yang surprise positif adalah ekspor dan impor yang naiknya angka tinggi. Tadinya kami perkirakan 7%-8%, tumbuhnya sampai 17%. Impor terutama bahan baku juga menunjukan pelaku usaha sangat menggeliat,” ujarnya.

Menkeu menyadari ada perlambatan konsumsi meskipun tidak signifikan pada sektor rumah tangga yang masih tumbuh positif dengan realisasi 4,93% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

“Konsumsi rumah tangga yang 4,93% kami lihat secara hati-hati. Di satu sisi inflasi sangat rendah. Ini ada satu anomali,” jelasnya.

Pemerintah tetap mempelajari dari setiap sudut sehingga menghasilkan kajian beserta solusi komperhensif.

“Itu harus dilakukan dengan desain agar masyarakat bisa langsung menikmati sehingga daya belinya bisa meningkat,” ungkapnya. (kemenkeu/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *