Seminar Penelitian Infrastruktur Kemaritiman Dasar Laut, Universitas Pertahanan

Iptek157 views

Jakarta – Universitas Pertahanan (Unhan), melalui Fakultas Keamanan Nasional bekerjasama dengan Purnomo Yusgiantoro Center, Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan seminar hasil penelitian Pusat Studi Keamanan Maritim bertemakan “Dampak Infrastruktur Maritim Dasar Laut Natuna Indonesia terhadap Keamanan Nasional”, bertempat di Aula Nusantara , Gedung. Urip Sumoharjo Kemhan Jakarta Pusat. Selasa, (10/10).

Kegiatan yang dibuka Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, tersebut juga dihadiri Mentri Pertahanan. Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, dimoderatori oleh Dekan Fakultas MP Unhan. Laksda TNI Dr. A. Octavian, S. T. M. Sc. DESD

Selain itu hadir juga Deputi I Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno Ph.D, Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu Bebeb A.K.N. Djundjunan dan Dosen Universitas Indonesia. Dr. Andi Wijayanto. Dirjen Hubla u.p Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Kementeterian Perhubungan RI Marwansyah SH., MH.

Dalam sambutannya, Rektor Unhan. Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, menyampaikan bahwasalnya penelitian yang sudah berlangsung sejak bulan Juni 2017 sampai Oktober 2017. Hal itu dilakukan untuk mengumpulkan bahan pustaka, juga data dan informasi dari berbagai pihak.

” Penelitian ini sudah dilakukan sejak bulan Juni sampai Oktober dari berbagai sumber yang memiliki korelasinya dengan analisis dampak lnfrastruktur maritim dasar laut terhadap keamanan nasional “. Ucapnya

Mengingat pentingnya hasil dari penelitian tersebut, tentu tak bisa dilakukan oleh satu pihak, maka dari itu banyaknya instansi yang terlibat seperti beberapa ahli dari berbagai perguruan tinggi, hainologi Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Lembaga Sandi Negara yang sedang bertransformasi menjadi Badan Siber dan Sandi Negara. Selain itu, multidisipliner, juga.

Lebih lanjut, Rektor Unhan berharap, penelitian yang dilakukan secara bersamaan dapat terus berlangsung sehingga dapat memberikan yang terbaik di sektor kemaritiman, bermanfaat bagi Pemerintah, khususnya Kementrian dan Lembaga Negara yang dalam tupoksinya berhubungan dengan hal Infrastruktur Maritim dasar laut, menambah wawasan tentang dampak Infrastruktur Maritim Dasar Laut terhadap Keamanan Nasional.

“Semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut, agar tercipta hal baik bagi sektor kemaritiman bermanfaat bagi pemerintah dan negara tentunya”. Ujar Rektor Unhan

Hadir juga dalam seminar tersebut diantaranya. Prof Dr Purnomo Yusgiantoro, M.A, Dirjen Strahan Mayjen  TNI. Dr. Yoedhi Swastanto, MBA. Laksamana TNI (Pur) Dr. Marsetio, Rektor Universitas Maritim. Raja Ali Haji Prof. Dr Syafsir Akhlus, M. Sc serta beberapa Pejabat Eselon I dan II Unhan dan Kemhan. (*)

Naskah edit: Hendi / foto: dok humas Unhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *