TMMD Bakti TNI Non Perang

Purwakarta, IniOnline.id-Salahsatu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya adalah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Program yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat itu, bertujuan meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan. Sasaran utamanya, daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

“TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia bertujuan menunjang keberhasilan pembangunan nasional dalam program,” kata Pasiops Kodim 0619/Pwk, Lettu ARM Rambat.

TMMD Ke 100 yang dilaksanakan Kodim 0619/Purwakarta dengan pembuatan jalan sepanjang 7200 meter dan lebar 5 meter akan menghubungkan 2 Kecamatan, Kiarapedes dan Cibatu Kabupaten Purwakarta.

Dalam pelaksanaan TMMD 100, Kodim 0619/Purwakarta sebagai satuan komando teritorial yang bertanggung jawab atas pelaksanaan TMMD ke 100 tersebut, merencanakan secara matang tekhnis pengerjaan pembuatan jalan baru tersebut.

Kegiatan itu melibatkan satuan yang berada di wilayah kodam III/Siliwangi antara lain Yonarmed 4,Yonkav 4,Yonzipur 3 juga Masyarakat sekitar yang menjadi tempat TMMD Ke 100.

“Dengan Motto Kodam III Siliwangi, Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh, Kodim 0619 bersama Masyarakat siap melaksanakan dan mensukseskan Program TMMD Ke 100 di wilayah Kabupaten Purwakarta,” tandasnya. (DH/Soeft)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *