Semangat Tim Media Center Bantu Jemaah

Mina –  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi semangat tim Media Center Haji (MCH) dalam ikut membantu jemaah yang membutuhkan bantuan saat pelaksanaan lontar jamrah aqabah di Mina.

Apresiasi ini disampaikan Menag usai memantau kondisi jemaah haji Indonesia di Jamarat dan Mina. “Dalam perjalanan dari daker ke jamarat dan dari jamarat ke tenda jemaah di Mina, saya menyaksikan banyak teman media yang justru membantu jemaah yang kesulitan, khususnya jemaah lansia yang membutuhkan pertolongan,” terang Menag di Mina, Jumat (01/09).

“Atas nama amirul hajj saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, tidak hanya kepada petugas kita tapi juga wartawan yang bertugas di MCH yang telah turun tangan langsung membantu jemaah kita yang membutuhkan pertolongan,” lanjutnya.

Menag mengatakan, puncak kelelahan jemaah secara keseluruhan memang terjadi di Mina. Sebab, sebelumnya stamina jemaah juga telah terkuras oleh berbagai prosesi manasik haji yang memuncak pada pelaksanaan wukuf di Arafah, pergerakan menuju Muzdalifah dan sekarang di Mina.

Untuk meminimalisir risiko, Menag Lukman mengimbau jemah lanjut usia (lansia) dan yang memiliki risiko tinggi (risti) untuk tidak memaksakan diri melontar jumrah. Menurutnya, medan jamarat sangat berat, tidak hanya dari sisi jarak tapi juga kepadatan. Untuk itu, Menag minta jemaah lansia mewakilkan lontar jumrahnya kepada jemaah haji lainnya.

Menag mengaku sudah memberikan instruksi kepada Kasatop Armina agar mensosilisasikan hal ini. Di samping itu, Menag juga minta tim konsultan bimbingan ibadah untuk ikut menyampaikan. Sebab, sebagian jemaah ada yang merasa kalau tidak melontar jumrah secara langsung maka gugur hajinya.  Padahal, bagi lansia dan punya kendala kesehatan, melontar jumrah bisa diwakilkan.(kemenag/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *